Home > JATENG RAYA > EKONOMI BISNIS > Bank Indonesia Layani Penukaran Uang Baru di Tempat Ini

Bank Indonesia Layani Penukaran Uang Baru di Tempat Ini

​​

Bank Indonesia beserta bank-bank di Kota Semarang buka layanan penukaran uang rupiah di Tri Lomba Juang, Selasa (6/6). Foto:metrosemarang.com/ade lukmono

EKBIS – Bank Indonesia meluncurkan Penukaran Uang Rupiah untuk keperluan lebaran di Stadion Tri Lomba Juang (TLJ) Semarang, Selasa (6/6). BI menyediakan delapan mobil kas dari berbagai perbankan yang ada di Kota Semarang yang yang selanjutnya akan melayani penukaran uang rupiah secara gratis di masing-masing kantor perbankan yang ditunjuk.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Hamid Ponco Wibowo, BI menunjuk 58 Bank dan 137 titik lokasi penukaran uang. Lokasi tersebut merupakan perbankan yang bekerjasama dengan BI untuk melakuan penukaran uang rupiah.

“Masyarakat tidak perlu datang ke Kantor BI, cukup di bank-bank yang ada di wilayah masing-masing. Dengan demikian peredaran uang baru bisa lebih maksimal sampai kepada masyarakat,” kata dia.

Pelayanan penukaran uang rupiah akan beroperasi setiap Selasa hingga Kamis mulai pukul 09.00 sampai 11.30 dan berlaku hingga 22 Juni 2017. Dalam penukaran uang rupiah di TLJ, BI membatasi masyarakat untuk menukarkan uangnya maksimal Rp 8 juta dalam sekali penukaran.

Selain kerjasama dengan perbankan, Bank Indonesia juga melakukan layanan kas keliling baik di dalam kota maupun luar kota. Kas keliling di dalam kota akan menjangkau beberapa pasar tradisional dan modern, seperti Pasar Jatingaleh, Johar, Peterongan dan sebagainya. 

Adapun Bank Indonesia (BI) Kota Solo, lebaran pada tahun ini menyiapkan uang baru senilai Rp 4 triliun. Jumlah ini mengalami peningkatan di bandingkan tahun sebelumnya, karena di tahun sebelumnya BI Solo hanya menyediakan penukaran uang baru Rp 3,8 triliun.
“Kami prediksi jumlahnya meningkat, sehingga kami juga harus melakukan penambahan. Ini demi memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya uang baru,” jelas Kepala Perwakilan BI Solo, Bandoe Widianto kepada wartawan kemarin.
Tak hanya itu saja, guna memberikan kemudahan bagi masyarakat, BI Solo tak hanya melakukan penukaran uang baru di Kota Bengawan saja. Namun juga disejumlah daerah yang ada di kawasan Soloraya, seperti Wonogiri, Sragen, Karanganyar, Boyolali, dan Sukoharjo. Tentu, dengan jadwal penukaran uang baru yang berbeda pula.
“Jadi kalau mau tukar uang baru, tidak harus datang ke Solo,” katanya.

Penukaran uang baru tersebut, sudah dilakukan sejak akhir bulan Mei kemarin. Dan akan berakhir pada 22 Juni mendatang. (ade/MJ-03)

 

Ini Menarik!

Borobudur Marathon, Sejumlah Jalan Disterilkan

Share this on WhatsAppMAGELANG – Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 yang digelar Minggu (19/11), …

Silakan Berkomentar