Beranda JATENG RAYA EKONOMI BISNIS

Bank Indonesia Berikan Bantuan Ozon untuk Petani Magelang 

1
0

?

MAGELANG – Bank Indonesia memberikan bantuan alat Ozon dan Cold Storage untuk petani di Ngablak, Magelang. Alat ini berfungsi untuk membuat hasil panen petani yang berupa sayur bisa lebih awet sehingga harga bisa dikendalikan.

Alat Ozon ini berteknologi plasma yang kemudian air yang sudah diberi Ozon akan mampu menghilangkan mikro organisme penyebab pembusukan. Setelah itu, sayur yang sudah dicuci menggunakan Ozon kemudian disimpan di Cold Storage dengan suhu sekitar 10 derajat celcius.

“Sayur bisa bertahan selama dua pekan. Sedangkan untuk cabai bisa bertahan selama dua bulan. Dengan demikian, petani tidak perlu khawatir akan kekurangan stok saat tidak musim panen dan khawatir hasil panen terlalu melimpah saat musim panen yang mengakibatkan harga anjlok,” papar Gubernur Bank Indonesia, Agus D W Martowardojo, Sabtu, (1/4).

Menurutnya, dengan produk yang berkualitas dan dapat dikontrol, petani akan mampu meningkatkan nilai tawarnya. Jika program ini berhasil, bukan tidak mungkin program ini juga akan diterapkan di seluruh Jawa Tengah, bahkan Indonesia.

Selain memberikan perangkat Ozon dan Cold Storage, Bank Indonesia juga memberikan 50.000 bibit mangrove untuk ditanam di pesisir Kota Semarang dan bantuan pengolahan sampah terpadu untuk daerah wisata Dieng Plateu. (ade)