Banjir Pati Kiriman Pegunungan Kendeng dan Muria

?

PATI – Banjir yang melanda Kabupaten Pati, Jawa Tengah, tidak hanya disebabkan air kiriman dari bendungan Wilulang. Tapi, juga air kiriman dari Pegunungan Kendeng dan Muria. Serta, naiknya air laut di perairan laut Pati.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Sanusi Siswoyo menyampaikan, hari ini debit air di bendungan Wilalung 280 per detik. Kondisi itu mengakibatkan aliran sungai Juwana saat ini masih siaga.

Berdasar informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Sanusi melanjutkan, hujan dengan intensitas sedang masih akan turun hingga April mendatang. Namun, puncak musim hujan saat ini sudah dilewati.

“Puncaknya minggu kemarin, tapi hujan masih turun sampai April,” ujar Sanusi.   

Selain kedua faktor tersebut, ditambahkan Sanusi, gelombang laut tinggi di perairan laut Pati juga turut andil penyebab banjir di Kabupaten Pati tak kunjung surut. Pasalnya, musim angin barat hingga saat ini belum berakhir.

“Banjir juga dipengaruhi kondisi gelombang. Banyaknya kapal-kapal yang bersandar di muara sungai menghambat aliran air,” pungkas Sanusi. (oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.