Home > JATENG RAYA > Banjir Kaligawe Akibat Inlet Tersumbat Sampah

Banjir Kaligawe Akibat Inlet Tersumbat Sampah

Banjir yang terjadi di Jalur Pantura. (foto: arsip metrojateng.com)
SEMARANG – Inlet saluran yang tertutup sampah setelah ada peninggian jalan, dan pompa Kali Sringin yang tidak berfungsi optimal menjadi penyebab banjir di daerah Kaligawe beberapa hari ini. Dua faktor ini hasil dari evaluasi Pemerintah Kota Semarang.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang Iswar Aminnudin mengatakan, dari hasil evaluasi pemerintah sepakat akan menambah kapasitas pompa yang ada di daerah Kaligawe. Pompa kecil akan ditambah kapasitasnya untuk bisa menarik genangan air di Jalan Kaligawe dan dibuang ke saluran
”Persoalan banjir akibat hujan itu cuman ada dua kemungkinan yaitu saluran yang tersumbat tidak menuju ke sungai besar dari saluran tersier. Jadi Kaligawe kemarin terjadi banjir akibat ada beberapa inlet yang tertutup setelah peninggian jalan. Dan pompa Sringin belum optimal dalam melakukan pelayanannya,” katanya, Jumat (6/10).
Pihaknya juga akan membantu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dengan mengerahkan sumber daya yang dimiliki. Termasuk di antaranya akan mengerahkan pompa portable sebanyak 7 unit.
Dari hasil penanganan banjir di lapangan dengan mengerahkan 4 truk, pihaknya juga memperoleh banyak sekali sampah dari saluran-saluran yang tersumbat. Bahkan semua truk sampai harus bolak-bolik untuk mengambil sampah.
Banyaknya sampah yang berada di saluran ini, menurut Iswar bisa dijadikan pembelajaran bersama. Bahwa kalau hanya pemerintah yang berjalan mengantisipasi banjir tanpa didukung oleh perilaku yang baik dari masyarakat pasti tidak akan berhasil.
”Meskipun kami tetap siap ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas kami setiap hujan pasti ada di lapangan. Saya juga sudah memberi pengarahan pegawai di Dinas Pekerjaan Umum untuk fokus mencari solusi masalah di Kaligawe. Penanganan yang tidak bisa kita tangani sekarang, kita akan programkan di 2018”, katanya. (duh)

Ini Menarik!

Golkar Restui Lima Paslon Bertarung di Pilkada Serentak 2018

Share this on WhatsAppSEMARANG – Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Partai Golkar mengeluarkan …

Silakan Berkomentar