Banjir Bandang Terjang Kendal, Ratusan Rumah di 3 Kecamatan Terendam

KENDAL – Ratusan rumah di tiga kecamatan di Kabupaten Kendal Jumat (9/2) malam terendam banjir hingga ketinggian satu meter setengah. Banjir juga menggenangi jalur pantura Kaliwungu hingga ketinggian satu meter. Belum ada laporan korban jiwa akibat banjir bandang ini, sejumlah warga memilih bertahan di rumah dan tetap waspada banjir susulan.

Warga melintas banjir akibat luapan sungai Aji dan Waridin di Kaliwungu Kendal Jumat (09/02) malam. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Sejumlah kendaraan mogok karena nekad melintas digenangan banjir yang menggenangi jalur pantura Kaliwungu Kendal. Banjir terjadi akibat luapan sungai Aji dan sungai Waridin yang jebol sehingga mengakibatkan banjir bandang. Ratusan rumah di tiga kecamatan yakni Kaliwungu, Kaliwungu Selatan dan Brangsong terendam banjir hingga ketinggian satu meter setengah.

Seperti di jalan Pandean Kaliwungu Kendal, sentra ekonomi ini lumpuh total akibat banjir bandang. Ketinggian air mencapai satu meter di jalan raya, sedangkan di pemukiman mencapai satu meter lebih. Menurut warga banjir ini akibat hujan yang terjadi sejak Jumat sore dan luapan Sungai Aji dan Waridin.

Warga mengaku, banjir kali ini cukup besar karena jika hujan lebat hanya jalan raya yang terendam setinggi 30 centimeter dan tidak masuk ke pemukiman warga. Namun kiriman air dari selatan ini mengakibatkan aktivitas warga terganggu.

“Biasanya air lewat mas, setengah jam surut ini malah tambah besar,” kata Hadak warga kaliwungu.

Akibat banjir bandang di jalur pantura Kaliwungu ini arus lalu lintas macet hingga lima kilometer. Hanya kendaraan besar yang berani melintas genangan banjir sedangkan kendaraan kecil dan sepeda motor memilih berhenti.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal masih melakukan pendataan jumlah rumah yang terendam akibat banjir bandang luapan Sungai Aji dan Sungai Waridin ini. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.