Home > JATENG RAYA > Balkondes Borobudur Perlu Pendampingan

Balkondes Borobudur Perlu Pendampingan

Menteri Rini di Balkondes Wanurejo. (foto: metrojateng.com/ch Kurniawati)

MAGELANG- Mentri BUMN Rini Soemarno berkomitmen akan melakukan pendampingan pada Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang ada di sekitar Candi Borobudur. Hal itu menanggapi permintaan masyarakat setempat yang menginginkan pendampingan untuk menunjang kegiatan Balkondes.

Kepala Desa Wanurejo, Umi Aminah menyebutkan, pendampingan yang diinginkan masyarakat salah satunya diperuntukkan bagi pemandu wisata. “Kami ingin para pemuda di sini mendapat pelatihan Bahasa Inggis dan bahasa asing lainnya. Sebab turis yang datang kemari berasal dari berbagai negara dan belum tentu bisa berbahasa Inggris,” kata Umi saat berdialog dengan Menteri Rini di Balkondes Wanurejo Borobudur, Minggu (17/9).

Menurut Umi, beberapa waktu lalu ada  turis dari Prancis yang datang, namun tidak bisa berbahasa Inggris. Sedangkan pemandu wisata hanya menguasai bahasa Inggris saja. “Akibatnya komunikasi tidak ketemu,” katanya.

Selain pendampingan tersebut, yang dibutuhkan Balkondes adalah dukungan modal. Panorama indah yang berada dalam wilayah pengelolaan Balkondes, dan hanya berjarak 1,5 kilometer dari Candi Borobudur, sangat potensial digarap menjadi magnet wisata, yang tentu harus disertai dukungan modal. “Dari sini bisa dilihat keindahan perbukitan Menoreh dan panorama matahari terbenam di sekitar Candi Borobudur,” lanjut Umi.

Menteri Rini sendiri menghabiskan Minggu sore dengan berjalan-jalan di wilayah Wanurejo. Memancing di sebuah embung yang ada di komplek Balkondes, sembari menonton matahari tenggelam. Di embung yang diberi nama Banyu Panguripan,  terdapat ikan lele, nila dan bawal yang memang sengaja di budidayakan.

Menteri Rini bersama rombongan juga menikmati kopi serta mencicipi makanan tradisional dan makan durian menoreh di Balkondes Wanurejo. Tidak lupa ia  meninjau kegiatan PKK serta anak-anak yang mengikuti bimbingan belajar di Balkondes.

Menurut Rini, untuk dukungan modal, masyarakat bisa mendapatkan kredit murah melalui KUR. Sementara ia sepakat soal pendampingan tersebut.”Balkondes ini memang harus maju,” katanya. (MJ-24)

 

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar