Awas! Perlintasan KA Tanpa Palang di Demak Hanya Dijaga Warga

DEMAK – Perlintasan kereta api (KA) tanpa palang pintu di Kabupaten Demak hanya dijaga secara swadaya oleh warga saat lebaran. Sedikitnya ada 4 perlintasan yang berada di Kecamatan Mranggen dan Karangawen.

perlintasan kereta demak

Relawan penjaga perlintasan KA tanpa palang pintu di Karangawen. (foto: metrojateng/MJ-23)

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Demak, Wahyu Hapsari menuturkan bahwa 4 perlintasan tersebut diperkirakan akan ramai dilalui pengendara saat dan menjelang lebaran.

“Ada empat perlintasan KA tanpa palang pintu yang berada di jalur utama atau ramai. Ini yang kami cek, bagaimana kondisinya sekaligus relawan yang menjaga,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (7/6).

Sejauh ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT KAI dan pemerintah pusat guna pembangunan palang pintu. “Tahun ini satu perlintasan akan dibangun palang pintu yakni di Brumbung. Anggarannya satu miliar dan saat ini proses lelang,” lanjutnya.

Sementara Bupati Demak HM Natsir menambahkan, pembangunan palang pintu bukan tanggung jawab pemerintah daerah. Namun pihaknya tetap akan memperhatikan keselamatan warganya.

“Iya, itu bukan kewenangan pemkab. Tapi kalau ada apa-apa (kecelakaan) pemlab yang mengurusi,” paparnya.

Ia juga mengapresiasi para relawan penjaga perlintasan KA tanpa palang pintu. Selama ini hanya berpangku tangan dari uluran tangan pengendara yang melintas. “Saya berterimakasih atas keikhlasannya membantu warga. Ke depan akan terus dicari solusinya,” tandasnya.(MJ-23)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

13 − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.