Awas! Cuaca Ekstrem Masih Sampai Februari

Petugas melakukan pembersihan area tempat pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang di Kendal. (foto: metrojateng.com/Edi Prayinto)

 

KENDAL – Warga di Kendal dihimbau untuk tetap waspada. Pasalnya cuaca ekstrem di Kabupaten Kendal diprediksi akan terus terjadi hingga Februari 2018. Kasi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Slamet mengatakan, berdasarkan laporan dari BMKG, hujan deras disertai angin kencang masih akan terjadi hingga akhir Februari 2018.

“Kami sudah melakukan antisipasi baik dari segi personel maupun peralatan,” katanya Kamis (4/1). Pada Kamis siang, pohon berukuran sedang di jalan lingkar Dukuh Lengkong Desa Wonorejo Kaliwungu tumbang akibat hujan yang disertai angin kencang selama 15 menit. Petugas BPBD Kendal sigap memotong pohon yang melintang jalan.

Pemkab Kendal telah menetapkan Siaga Darurat Bencana yang dimulai 1 November 2017 hingga 31 Maret 2018. Bencana alam yang terjadi di Kendal akibat cuaca buruk, diantaranya adalah banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

Daerah atas seperti Boja, Limbangan, Sukorejo, Patean, dan Plantungan rawan bencana tanah longsor. Wilayah bawah seperti Kaliwungu, Brangsong, Kendal, Cepiring, Pegandon, dan Rowosari bencana banjir. Sementara untuk angin kencang kerap kali terjadi di Singorojo, Kangkung, dan Ringinarum. “Kecamatan Rowosari juga beberapa kali terjadi angin kencang,’’ jelasnya.

BPBD Kendal, lanjut dia, juga telah melakukan persiapan personel dan pengecekan peralatan untuk penyelamatan jika terjadi bencana. Personel itu terdiri atas Satgas Penanggulangan Bencana dan dibantu sukarelawan dari berbagai kalangan. BPBD juga berkoordinasi dengan institusi terkait.

“Personel tersebut siap turun jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu korban saat bencana alam. Beberapa waktu lalu kami telah menyelenggarakan gladi manajemen bencana. Semuanya sudah kami siapkan. Baik itu dari segi personel maupun peralatan,’’ kata dia. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 8 = 11

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.