Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Asah Keterampilan Bersenjata, Polisi Grobogan Dilatih Menembak

Asah Keterampilan Bersenjata, Polisi Grobogan Dilatih Menembak

image
Foto Metrojateng

GROBOGAN – Ratusan anggota polisi dari Polres Grobogan dan Polsek jajarannya di seluruh unit satuan mengikuti kegiatan latihan menembak yang digelar di lapangan tembak Dusun Gunungrejo, Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh, Jumat (29/08). Seluruh anggota satuan yang memenggang senjata api (senpi) Pistol maupun laras panjang dengan penuh antusias mengikuti latihan menembak yang digelar selama tiga hari tersebut.

Kapolres Grobogan AKBP Langgeng Purnomo mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan semesteran ini adalah untuk menambah keterampilan anggota dan meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas di lapangan. “Kemampuan anggota dapat terasah dan mampu menggunakan senpi sebagaimana mestinya. Selain itu, juga sebagai upaya mencegah terjadinya penyalahgunaan senjata oleh anggota,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Dijelaskannya, pada pelaksanaannya peserta melakukan latihan tembak reaksi sebagai bentuk aplikasi di lapangan yang menuntut kecepatan dan ketepatan dalam menggunakan senjata. Masing-masing peserta mendapatkan 12 butir peluru, dua peluru diantaranya adalah sebagai zero atau tidak dilakukan penilaian dan hanya sebagai pengukur arah tembakan.

Dengan adanya latihan tersebut, lanjut Kapolres, akan ada evaluasi dan penilaian bagi anggota yang memiliki nilai di bawah ketentuan. Pasalnya, selain praktik menembak, anggota yang memgang senpi juga wajib menjalani ujian psikologi yang diadakan rutin langsung dari Polda Jateng.

“Tidak semua anggota polisi mendapatkan izin untuk memegang senjata api, karena setiap anggota Polri harus melalui tahapan ssuai dengan prosedur untuk memegang senjata api tersebut. Ada sejumlah prosedur yang harus dilalui anggota Polri untuk mendapatkan senpi seperti tes psikologi. Kalau anggota itu tidak memenuhi syarat maka ia tidak layak memegang senpi,” jelasnya. (MJ-04)

Ini Menarik!

PSMP vs PSIS: Momentum Bangkit

Share this on WhatsApp BANDUNG – PSIS mengincar poin penuh atas PS Mojokerto Putra pada …

Silakan Berkomentar