Api di Gunung Merapi Sulit Padam

image
Anggota Koramil 15 Dukun Kodim 0705 Magelang bersama para relawan dan masyarakat setempat berusaha memadamkan api yang membakar kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Merapi, Minggu (25/10). (MJ-24)

MAGELANG – Koramil 15 Dukun Kodim 0705/Magelang bersama polsek dan relawan serta masyarakat Dusun Ngandong dan Dusun Banaran Desa Ngargomulyo, Dukun Kabupaten Magelang terusberusaha memadamkan api yang membakar hutan kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Minggu (25/10). Meski mereka telah berupaya semaksimal mungkin, namun bara api belum padam sepenuhnya.

Menurut Komandan Koramil 15 kecamatan Dukun, Kapten Arm Saridi, kebakaran melanda hutan yang ada di blok Andong Ngargomulyo Dukun kawasan TNGM. Upaya pemadaman dilakukan secara manual dengan cara memutus areal yang terbakar dengan membuat sekat.

Meski secara umum sudah padam, namun masih nampak sisa-sisa bara api. Hal itu disebabkan lokasi kebakaran tidak ada air. “Kita berupaya memadamkan api dengan menutup kobaran api dengan menggunakan tanah dan membuat sekat agar kebakaran tidak menjalar kemana-mana,” kata Saridi.

Menurut Saridi, kebakaran sudah terjadi sejak kemarin petang. Namun karena situasi sudah gelap maka pemadaman baru dilaksanakan hari ini. Hal itu dimaksudkan agar bisa dipastikan titik apinya dan mengurangi resiko pagi para relawan itu sendiri. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 3 = 6

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.