Antisipasi Penumpang Gelap, Dishub Kendal Perketat Pengawasan di KMP Kalibodri

KENDAL – Mengantisipasi penumpang gelap, petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal melakukan pemeriksaan ketat terhadap KMP Kalibodri di Pelabuhan Tanjung Kendal Selasa (3/7) siang. Pemeriksaan dilakukan agar jumlah penumpang yang akan berangkat menunju Kumai tidak melebih kapasitas kapal, sehingga membahayakan penyeberangan.

Dishub Kendal memerketat pengawasan terhadap calon penumpang KMP Kalibodri untuk memastikan kapal tidak kelebihan muatan. Foto: edi prayitno

Banyaknya kecelakaan laut akibat kapal yang kelebihan penumpang membuat petugas melakukan pengawasan ketat. Petugas tidak mau kecolongan dengan penumpang yang tidak memiliki tiket.

“Tidak hanya penumpang saja mobil angkutan yang diangkut KMP Kalibodri juga diperiksa muatannya agar tidak membahayakan saat perjalanan menuju Kumai Kalimantan Tengah,” kata Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andi Rahmat.

Untuk pemberangkatan KMP Kalibodri kali ini jumlah penumpang yang diangkut masih di bawah toleransi kapal. “Jumlah penumpang sebanyak 490 orang sedangkan alat keselamatan yang tersedia mencapai 600 buah. Jumlah penumpang ini sudah sesuai dengan kapasitas kapal sehiingga tidak membahayakan perjalanan,” imbuh Andi.

Dikatakan pengawasan ketat dilakukan petugas agar tidak ada penumpang gelap atau tidak terdaftar yang masuk ke dalam kapal. Seluruh penumpang dicocokkan dengan identitas dan petugas melakukan pemeriksaan jumlah tiket dengan penumpang yang naik di KMP Kalibodri.

Sementara itu salah satu penumpang mengatakan, lebih nyaman jika penumpang yang diangkut sesuai dengan kapasitas. “Kalau terlalu penuh tidak nyaman, kan perjalanannya lama jika tidak nyaman tidak enak di dalam kapal,” kata Muawaroh.

KMP Kalibodri sendri menjadi angkutan laut alternatif pekerja asal Jawa Tengah yang mengadu nasib di Kalimantan. Harga tiket yang lebih murah dibandingkan dengan kapal lain membuat warga lebih memilih KMP Kalibodri sebagai sarana transportasi.

Diperkirakan jumlah penumpang akan kembali meningkat pada akhir pekan ini bersamaan dengan berakhirnya masa libur sekolah. Namun demikian petugas tetap akan membatasi jumlah penumpang sesuai dengan kapasitas KMP Kalibodri. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 4 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.