Beranda JATENG RAYA METRO SEMARANG Antisipasi Pasar Tumpah di Semarang, Dinas Perdagangan Siagakan 40 Personel

Antisipasi Pasar Tumpah di Semarang, Dinas Perdagangan Siagakan 40 Personel

34
0

SEMARANG – Sebanyak 40 personel diterjunkan melakukan operasi rutin untuk mengantisipasi keberadaan pasar tumpah yang akan membuat macet arus mudik dan balik Lebaran. Di Kota Semarang ada beberapa titik potensi pasar tumpah dari total sebanyak 52 pasar tradisional yang ada.

Ilustrasi
Foto: dok metrosemarang.com

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, 40 petugas itu untuk mengamankan 52 pasar tersebut. Meskipun pasar tradisional yang sangat potensi terjadi pasar tumpah yang mengganggu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran hanya ada beberapa saja. Di antaranya seperti di Pasar Karangayu, Pasar Mangkang, Pasar Genuk dan Pasar Mrican.

“Seluruh personil itu kami bagi lima orang- lima orang, sehari cukup dua shift karena hanya pengamanan pagi. Kan potensi pedagang tumpah hanya saat pagi hari sampai jam 9 pagi. Kalau toko nggak ada masalah karena mereka ada security sendiri, jadi tanggungjawab kami hanya di pasar tradisional,” katanya, Sabtu (16/6).

Fajar menegaskan saat ini hanya Pasar Karangayu, Mangkang dan Genuk yang paling potensial ada pasar tumpah. Sedangkan Pasar Mrican dia mengklaim sudah tidak, karena para pedagang sudah tertib.

Fajar menjelaskan, pengamanan dari petugas keamanan dan ketertiban (kamtib) Dinas Perdagangan ini akan berlangsung mulai H-3 Lebaran kemarin, hingga H+3 Lebaran besok.

Selain menerjunkan 40 petugas, pihaknya juga sudah memerintahkan seluruh kepala pasar untuk memberikan peringatan kepada para pedagang supaya tidak menggelar dagangan hingga di jalanan.

”Pedagang silakan mremo, tapi dilarang keras menimbulkan pasar tumpah,” tandasnya.(duh)