Home > HEADLINE > Angin Kencang Ancam Rusakkan Rumah Warga Jateng Selatan

Angin Kencang Ancam Rusakkan Rumah Warga Jateng Selatan

ilustrasi

Angin kencang berkecepatan diatas 40 kilometer per jam merusak sejumlah rumah warga di jalur lingkar selatan Jawa Tengah. Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang menyatakan rumah-rumah yang roboh diterjang angin kencang itu berada di utara Kabupaten Cilacap, Kebumen utara dan sebagian Wonogiri.”Rata-rata hembusan anginnya mencapai diatas 40 kilometer perjam, ini yang patut diwaspadai oleh warga Jawa Tengah saat memasuki peralihan musim kemarau di awal bulan Februari,” kata Kepala Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang, Agus Sudariyatno saat dikontak metrosemarang.com, Rabu (1/2).

Menurutnya kerusakan rumah itu terpantau dalam citra satelit BMKG. Selain lingkar selatan, angin kencang juga menerjang jalur pantai utara (Pantura) di ujung Brebes dan Rembang. 
Meski begitu, kerusakan rumah di dua kabupaten tersebut bervariasi karena banyak di antaranya yang terkena imbas pohon tumbang. Kota Semarang juga terkena imbas dari angin kencang yang muncul belakangan akhir ini.

Dampak angin kencang juga menimbulkan gumpalan awan es (cumulonimbus/CB) yang membahayakan aktivitas penerbangan nasional. 

Sementara itu Giyarto, seorang analis Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memperkirakan siang ini cuaca buruk masih melanda sebagian wilayah Jateng.

Daerah-daerah tersebut antara lain Brebes bagian selatan, Magelang, perbatasan Kendal dan Temanggung, perbatasan Sragen dan Purwodadi, Kebumen sisi barat, Wonogiri sisi tengah.

“Kondisi ini berlangsung pukul 15.00 WIB dan meluas ke wilayah Tegal selatan, Purwokerto, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Purworejo utara, Wonosobo, Batang selatan, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali serta Salatiga,” tandasnya. (far)

Ini Menarik!

Motorola Beri Harga Khusus Akhir Tahun

Share this on WhatsApp SEMARANG – Di penghujung tahun 2017, Motorola Indonesia menggelar promo bertajuk …

Silakan Berkomentar