Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Tutup Utang Nyaleg, Dewan Grobogan Ramai-ramai Gadaikan SK

Tutup Utang Nyaleg, Dewan Grobogan Ramai-ramai Gadaikan SK

Susana penandatanganan SK DPRD Grobogan (foto: Metro)
Susana penandatanganan SK DPRD Grobogan (foto: Metro)

GROBOGAN – Usai dilantik, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Grobogan ramai-ramai menggadaikan surat keputusan (SK) pengangkatan. Besaran uang yang dipinjamnya dari bank cukup besar, antara Rp 100 juta hingga Rp 300 juta.

“Berdasarkan daftar di Setwan, ada 49 anggota yang menggadaikan SK-nya untuk meminjam uang ke bank. Nominalnya uang pinjaman rata-rata Rp 300 juta. Saya sendiri juga minjam dengan nominal sama,” aku Deheky Kenedy Jatimiko Putro,  Selasa (16/09).

Poilitisi muda dari PDI Perjuangan Grobogan ini terus terang, gaji yang ia terima sekitar Rp 13 juta per bulan. Ia meminjam ke bank BPD sebesar Rp 300 juta untuk menutup biaya selama kampanye pileg lalu. Jumlah potongan per bulan untuk mengangsur ke bank sekitar Rp 7 juta selama 56 bulan. Sehingga gaji yang ia terima setelah kena potong partai hanya sekitar Rp 2,5 juta per bulan.

Diakuinya, anggota DPRD Kabupaten Grobogan memang sangat dimudahkan untuk meminjam uang di bank. Hal itu sesuai dengan prinsip perbankan yang memberikan kemudahan bagi pihak yang memiliki penghasilan tetap. “Bank BPD Jateng Cabang Purwodadi yang jemput bola dengan datang langsung ke Setwan,” tambahnya.

Hal senada juga dilakukan Amin Rois Abdul Ghani. Politisi muda yang sudah satu kali periode terpilih menjadi wakil rakyat dari PKS Grobogan ini mengatakan, menggadaikan SK pengangkatan merupakan hal yang wajar. Apalagi anggota DPRD Kabupaten Grobogan memang sangat dimudahkan untuk meminjam uang di bank. Hal tersebut merupakan wajar terjadi ketika pergantian anggota DPRD baru. Bahkan  menurutnya, hal tersebut juga terjadi di daerah lain, tidak hanya di Grobogan.

“Anggota DPRD periode sebelumnya juga sama. Jumlahnya juga hampir sama, tidak jauh beda dengan jumlah anggota DPRD yang meminjam periode sekarang. Ada yang buat investasi, ada yang buat mengembalikan uang kampanye, dan macam-macamlah. Tapi yang jelas bukan untuk konsumsi,” jelas Amin. (MJ-04)

 

Ini Menarik!

Akhir Pekan, Artis FTV Ini Jajal Turntable E Plaza

Share this on WhatsApp SEMARANG – Akhir pekan kali ini, Entertainment Plaza Semarang akan menghadirkan …

Silakan Berkomentar