Home > JATENG RAYA > Anggaran Bencana Jepara Kurang Rp 20 M

Anggaran Bencana Jepara Kurang Rp 20 M

JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengalokasikan anggaran bencana sebesar Rp2 miliyar. Nominal tersebut dinilai masih sangat kurang. Idealnya, anggaran bencana di Kota Ukir Rp22 miliar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Lulus Suprayitno menyampaikan, anggaran bencana Kabupaten Jepara tahun ini tak mengalami kenaikan dari tahun 2016. Yaitu, sebesar Rp2 miliyar. Tahun sebelumnya, 2015, anggaran bencana Kabupaten Jepara hanya Rp1,7 miliyar.

“Melihat luasnya wilayah yang berisiko bencana, anggaran tersebut masih sangat kurang. Anggaran bencana idealnya 1 persen dari APBD, yaitu Rp22 miliyar,” beber Lulus.
Mensiasati minimnya anggaran bencana, Lulus melanjutkan, pihaknya banyak menggandengan pihak berkait untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak bencana. Sementara anggaran yang tersedia akan difokuskan pada kegiatan kesiapsiagaan. Itu untuk mengurangi dampak resiko kebencanaan.
“Kesiapsiagaan lebih diutaman daripada tanggap darurat,” tegas Lulus.
Kesiapsiagaan itu, Lulus melanjutkan, seperti memberikan pelatihan kebencanaan pada masyarakat. Serta sosialisasi kepada kelompok-kelompok masyarakat berkait dengan kebencanaan.

“Agar masyarakat siap dan mampu mengurangi resiko bencana secara mandiri,” kata Lulus.

Langkah tersebut dinilai Lulus berhasil. Jika dibanding dengan tahun sebelumnya, jumlah peristiwa bencana di tahun 2016 berhasil berkurang. Kesadaran masyarakat akan menjaga lingkungan pun meningkat. (oby)

Ini Menarik!

HUT ke 42, Women’s International Club Semarang Komitmen Jaga Generasi Kedepan

Share this on WhatsApp SEMARANG- Organisasi sosial Women’s International Club (WIC) Semarang terus berkomitmen untuk …

Silakan Berkomentar