Alquran Raksasa Berumur 2 Abad Ada di Masjid Ini

SOLO – Sebuah Alquran langka tersimpan di Masjid Fatimah Kota Solo. Selain ukuran yang besar, seluruh hurufnya ditulis dengan tinta emas, sedangkan covernya terbuat dari kulit unta yang disamak.

Takmir Masjid Fatimah menunjukkan Alquran raksasa yang sudah berusia 2 abad. Foto: metrojateng.com

Alquran bertinta emas ini dalam keadaan terbuka. Panjang kitab suci ini mencapai 1,4 meter dan lebar 1,8 meter, dengan ketebalan 30 centimeter dan berat sekitar 40  kilogram.

Alquran raksasa yang diperkirakan berusia sekitar 200 tahun tersebut sekarang tersimpan apik di dalam kotak kaca di dalam area mimbar masjid yang beralamat di Jalan Rajiman, Laweyan, Solo.

Takmir Masjid Fatimah, H. Muhammad Najim menceritakan Alquran ini merupakan pemberian seorang pengusaha di Solo, yang konon dibuat pada zaman pemerintahan Paku Buwono X dari Keraton Surakarta Hadiningrat sekitar tahun 1800-an.

Seluruh hurufnya merupakan hasil tulisan tangan dan ditulis dengan tinta emas. Bahkan cover Alquran terbuat dari kulit unta yang disamak dan khusus didatangkan dari Arab.

“Konon Alquran ini dibuat oleh kyai dari dulu zaman PB X, semua tulisan asli tulisan tangan. Alquran ini dibawa dua bulan sejak masjid ini diresmikan tahun 2004 lalu,” jelasnya.

Meski sudah berusia sekitar dua abad, Alquran ini setiap bulan Ramadan dipamerkan di ruang masjid dan semua pengunjung dapat melihatnya. Namun, kitab ini tidak bisa digunakan pasalnya, karena kondisinya yang sudah rapuh dan rawan rusak.

“Dulu acara Maulud Nabi atau Nuzurul Quran itu dibaca, tapi sejak dua tahun ini tidak dibaca lagi karena takut rusak. Pinggir-pinggirnya mereteli (terkelupas.red) dan sudah lengket tidak ada perawatan,” imbuhnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.