Beranda JATENG RAYA METRO SOLO Alam Sanjoyo, Wisata Foto di Lereng Lawu

Alam Sanjoyo, Wisata Foto di Lereng Lawu

72
0
alam senjoyo
350 anak tangga di kawasan objek wisata Alam Sanjoyo, Ngargoyoso, Karanganyar.(foto: metrojateng.com/MJ-25)

KARANGANYAR – Kawasan wisata Alam Sanjoyo berlokasi di Dusun Ngelerak, Segoro Gunung, Ngargoyoso, Karanganyar. Alam yang berlokasi di lereng Gunung Lawu ini memiliki luas 13 hektare yang berdiri di tanah milik Perhutani. Alam Sanjoyo sendiri hanya berjarak 10 KM dari puncak Gunung Lawu. Nama Sanjoyo sendiri diambil dari nama kecil Prabu Brawijaya IV.

 

Kawasan wisata Alam Sanjoyo ini dibuka pada Sabtu Pahing, 1 Juli 2017. Kawasan wisata ini murni didirikan oleh warga sekitar yang sadar akan potensi wisata.

Dengan memiliki panorama pemandangan alam yang bagus, dan udara yang senjuk kawasan wisata Alam Sanjoyo ini kini mulai didatangi oleh pengujung. Setiap harinya terdapat 15-20 pengujung, bahkan di hari libur bisa mencapai 500 orang pengujung. Harga tiketnya pun juga murah, yakni Rp 5.000,- untuk satu orang. Disana kalian bebas berfoto selfie atau bersantai.

Kawasan wisata Alam Sanjoyo ini terdapat empat rumah pohon dan satu gardu pandang. Selain itu ada juga tempat arena permainan anak, outbound dan bumi perkemahan. Tak hanya itu, di kawasan wisata ini juga terdapat dua mata air atau sendang yang airnya bisa langsung diminnum, yakni Sendang Ngangrung dan Sendang Gedhang Sepet. Dua sendang tersebut dipercaya bisa buat awet muda.

Koordinator Wisata Alam Sanjoyo, Sudiro mengatakan selain mata air, gardu pandang, dan rumah pohon, ada hal yang menarik di Kawasan Wisata Alam Sanjoyo ini, Ya! Anak Tangga sebanyak 350.

“Anak tangga ini juga dibangun secara gotong royong oleh warga. Ya, untuk memudahkan para pengujung menuju ke puncak gardu pandang,” ujarnya.

Walau masih bersifat tradisional, tapi anak tangga ini cukup membantu menaiki lereng bukit yang kemiringannya hampir mencapat 450. Salah seorang pengujung Asiska (29) mengaku senang bisa berkunjung ke objek wisata yang terbilang baru tersebut. Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, objek wisata alam Sanjoyo juga bagus untuk berswafoto.

“Tempatnya enak, asyik, sejuk lagi. Dan disini bisa buat foto-foto sembari menikmati suasana alam di sini,” jelasnya. (MJ-25)