Aktivis Impikan Ekonomi Berbasis Perempuan Jika Sudirman Said Menang

SEMARANG – Sejumlah aktivis perempuan kompak menyatukan dukungan untuk memenangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziyah. Koalisi perempuan yang menyatakan dukunganya tersebut berasal dari PIRA, Bidang Perempuan dan Ketahanan Tani, Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Jateng serta Perempuan Amanat Nasional (PUAN).

Utera Dinar Utami, sebagai perwakilan dari UMKM Kota Semarang menegaskan telah membentuk relawan Perempuan Sahabat Pak Dirman-Ida (Padi) sebagai bentuk keprihatinan atas kondisi yang dialami kaum hawa belakangan ini.

“Kami menginginkan ekonomi yang berbasis pada pemberdayaan perempuan agar lebih diutamakan jika Pak Sudirman Said terpilih sebagai gubernur Jateng nanti,” ungkapnya, saat menggelar pertemuan di markas pemenangan Sudirman-Ida, di Jalan Pamularsih Semarang, Rabu (14/2).

Ia memasang target pembentukan relawan Perempuan Sahabat Pak Dirman-Ida (Padi) di tiap kabupaten/kota Jawa Tengah. Menurutnya ini merupakan embrio relawan dan akan dideklarasikan secara serentak pada Rabu pekan depan.

Lebih jauh, ia menyatakan penggalangan massa nantiny difokuskan pada program-program pemberdayaan ekonomi perempuan demi meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Salah satunya dengan mengupayakan perempuan dalam melawan aksi korupsi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim Relawan Sudirman-Ida, Ali Khamdi mengatakan sampai saat ini sudah ada 10 elemen perempuan yang memberikan dukungan bagi Sudirman-Ida.

“Walau secara organisasi harus netral. Tetapi kami tidak melarang kepada tiap anggotanya baik dari Nasyiatul Aisyah, Muslimat maupun Fatayat untuk memberikan dukungan bagi Pak Sudirman Said,” ujar Ali.

Ia telah menyiapkan program juta wirausaha perempuan demi mengangkat harkat perempuan dengan mengusung kesamaan antara posisi perempuan dan laki-laki. Ia berharap upaya pemberdayaan ekonomi mampu menjadi gebrakan bagi relawannya.

Ia pun memasang target 6-8 juta pemilih perempuan dalam bursa Pilgub Jateng. “Kami akan menggalang dukungan sebanyak mungkin, kalau bisa 100 persen. Untuk perolehan suaranya, kami menargetkan 6-8 juta pemilih perempuan di Jateng,” kata Ali. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

85 − = 76

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.