Beranda JATENG RAYA METRO PANTURA Akses Vital Warga Lima Desa, Jembatan Kali Bulanan Butuh Perbaikan

Akses Vital Warga Lima Desa, Jembatan Kali Bulanan Butuh Perbaikan

28
0

KENDAL – Kondisi jembatan gantung Kali Bulanan yang berada di Desa Sendangdawung Kecamatan Kangkung Kendal mendesak diperbaiki dan dibuat permanen. Kondisi jembatan yang menjadi penghubung ke lima desa tersebut mulai rusak sehingga membahayakan warga yang melintas.

Kondisi jembatan Kali Bulanan mulai rusak dimakan usia. Foto: edi prayitno

Lantai jembatan yang hanya dari kayu sebagian sudah lapuk sehingga bahaya jika patah.  Jembatan yang awalnya berfungsi sebagai rel untuk jalur pengangkut tebu ke Pabrik Gula Cepiring itu dipasang kayu agar bisa dilewati warga.

Tokoh masyarakat Desa Laban, Adibul Farah mengatakan, sudah puluhan tahun jembatan ini ada. Dikatakan, jembatan sepanjang 150 meter itu sangat vital bagi masyarakat lima desa yaitu Sendangdawung, Laban, Karangmalang, Sendangkulon dan Sendangsikucing.

“Namun sekarang kondisinya sangat memprihatinkan sehingga membahayakan saat dilewati warga,” jelasnya.

Sedangkan Mardi tokoh masyarakat Desa Sendangdawung mengatakan, jembatan gantung itu sangat penting sebagai akses utama bagi warga. ”Agar perekonomian warga semakin lancar dan warga tidak was-was saat melewati, kami berharap pemerintah segera membangun jembatan tersebut,” jelasnya.

Anggota DPRD Kendal Munawir mengatakan, dirinya berama perwakilan beberapa desa meninjau jembatan gantung tersebut. Dikatakan, untuk perbaikan jembatan pihaknya akan mengusulkan agar dialokasikan anggaran perbaikan jembatan tersebut sebesar Rp 200 juta.

”Jembata ini sangat penting bagi masyarakat sehingga harus segera dilakukan perbaikan agar masyarakat yang lewat nyaman. Jangan menunggu korban dulu baru diperbaiki,” tandasnya. (MJ-01)