Home > JATENG RAYA > Akomodasi Pemilih Difabel, KPU Pati Sediakan 2.295 Alat Bantu

Akomodasi Pemilih Difabel, KPU Pati Sediakan 2.295 Alat Bantu

image
Ilustrasi

PATI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati, Jawa Tengah, siap melayani pemilih difabel atau pemilih berkebutuhan khusus saat Pemilukada serentak tahun depan. Pemilih difabel itu terdiri dari lima kategori, yakni tunadaksa, tunanetra, tunarungu atau tunawicara, tunagrahita, dan disabilitas lainnya.

Komisioner KPU Kabupaten Pati, Umi Nadliroh menyatakan, bagi penyandang tunanetra, akan disediakan alat bantu membaca surat suara. Alat bantu tersebut disebut template.

“Template itu untuk membaca surat suara yang di atasnya ada huruf braille,” terang Umi, Jumat (29/7/2016).

Umi melanjutkan, nantinya petugas TPS diperbolehkan mendampingi pemilih difabel ke dalam bilik suara. Sehingga, diharapkan petugas di lapangan juga dapat memahami kebutuhan setiap pemilih difabel.

“Petugas TPS boleh mendampingi pemilih difabel dengan ketentuan pemilih tersebut tidak mempunyai anggota badan yang bisa digunakan untuk mencoblos di bilik suara,” tandas Umi.

Di setiap TPS akan disiapkan satu alat bantu pemilih difabel. Pada Pemilukada serentak nantinya, KPU Pati  menyiapkan 2.295 alat bantu untuk pemilih difabel.

Berkait jumlah difabel yang menjadi daftar pemilih tetap (DPT) yang akan memberikan suara, Umi menambahkan, pihaknya belum menyelesaikan pemutakhiran DPT secara final. Sehingga jumlah pastinya tengah diproses. (Oby)

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar