Home > HEADLINE > Akibat Tanah Longsor, Jalur SSB Tertutup

Akibat Tanah Longsor, Jalur SSB Tertutup

Warga dan aparat kepolisian membersihkan longsor yang menutup jalan di SSB. Foto: Metro Jateng/MJ-07
Warga dan aparat kepolisian membersihkan longsor yang menutup jalan di SSB. Foto: Metro Jateng/MJ-07

BOYOLALI – Hujan yang mengguyur selama dua hari telah mengakibatkan tanah longsor di sejumlah titik di wilayah Kecamatan Selo, Boyolali. Selain sempat menutup jalur wisata Solo-Selo-Borobudur (SSB), juga merusakkan bangunan play group dan satu rumah penduduk.

Longsor di jalur SSB, terjadi di empat titik di wilayah Desa Jrakah dan Lencoh. Tanah longsor sempat menutup akses jalan Boyolali-Magelang itu dengan ketebalan sekitar 40 cm. Selain itu, jalan di Dukuh Karang, Desa Tloggolele, juga sempat tertutup tanah longsor.

Tanah longsor terjadi pada Kamis (11/12) malam. “Hujan sejak Rabu 10/12) malam dan baru reda Jumat (12/12) pagi. Sehingga material longsoran baru bisa dibersihkan Jumat pagi. Arus lalulintas sudah lancar lagi,” kata Kapolsek Selo, AKP Yadiyo, kepada para wartawan.

Bangunan PAUD yakni play group Permata di Dukuh Tritis, Lencoh, rusak pada bagian belakang sepanjang tujuh meter. Meski demikian, kegiatan belajar mengajar siswa yang berjumlah 38 anak itu tetap berjalan. “Kerugian materi sekitar Rp. 12 juta,” Camat Selo, Wurlaksono, menambahkan.

Sementara rumah yang terkena longsor yakni milik Wiyono, warga Dukuh Jarak Kidul, Desa Jrakah. Rusak juga pada bagian belakang rumah akibat tertimpa material longsoran. Wiyono mengalami kerugian sekitar Rp. 2 juta. “Kami sudah laporkan ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Bagian Kesra Setda Boyolali,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau warga di Kecamatan Selo untuk semakin meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, intensitas hujan saat ini mulai meningkat dan wilayah Selo termasuk daerah rawan bencana tanah longsor. “Ini baru hujan pertama sudah terjadi longsor disejumlah tempat. Kami berharap warga lebih waspada dan segera melaporkan setiap kejadian ke pemerintah desa dan kecamatan,” pintanya. (MJ-07)

 

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar