Agraria dan Tata Ruang Kendal Targetkan 43 Ribu Bidang Tanah Tersertifikasi

sertifikasi tanah kendal
Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) di Hotel Sae Inn Rabu (14/03) pagi. (Foto: metrojateng.com/edi prayitno)

 

KENDAL – Dalam tahun 2018 ini, Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) menargetkan sebanyak 43 ribu Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). PTSL tersebut bertujuan memberikan kepastian hukum atas hak tanah yang dimiliki masyarakat.

Kepala ATR Kendal, Herry Fathurachman, mengatakan, sebanyak 43 ribu bidang tanah itu tersebar di 13 kecamatan dan 46 desa. “Kegiatan PTSL ini tidak bisa hanya dilakukan oleh kami. Perlu kerjasama semua pihak terkait,’’ kata dia di sela-sela Sosialisasi Program Pertanahan Strategi Mensukseskan Program PTSL di Kabupaten Kendal Tahun 2018.

Dia mengatakan, PTSL dilakukan secara kolektif. Warga diimbau membentuk kelompok untuk menyertifikatkan tanah mereka. Pembiayaan PTSL telah diatur dalam SKB tiga menteri, yakni kementerian dalam negeri, kementerian ATR/BPN, dan kementerian desa tertinggal. Dari SKB itu dibuatlah peraturan bupati.

“Peraturan Bupati Nomor 3 Tahun 2018 mengatur tentang Pembiayaan Penyertifikatan Tanah yang Dibiayai Masyarakat. Besarnya biaya sekitar Rp 150 ribu,’’ terangnya.

Hingga kemarin pihaknya masih melakukan pengukuran tanah yang mendapatkan PTSL. Sekitar 6.000 bidang tanah sudah diukur. “Kami terus sosialisasikan program ini. Tahun lalu kami merealisasikan 16 ribu PTSL. Target kami September sudah selesai dilakukan pengukuran,’’ jelasnya.

Sekda Kendal, Moh Toha, mengatakan, PTSL merupakan salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan. Dia mengatakan, tantangan ke depan akan semakin berat. Hal itu menjadi pekerjaan pemerintah. Sebab, jika mendaftarkan tanah sistematis, tanpa diimbangi kualitas, tentu suatu saat bisa menimbulkan permasalahan.

“Seluruh kepala desa supaya menyukseskan program PTSL tersebut. Kades agar memberikan arahan yang benar kepada warga. Semua yang dilakukan itu untuk kesejahteraan masyarakat,’’ kata Toha. (MJ-01)

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 9 = 18

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.