Home > EDUKASI > Adiatma Jawara Safety Riding Tingkat SMA/SMK di Kendal

Adiatma Jawara Safety Riding Tingkat SMA/SMK di Kendal

Peserta mengikuti lomba Safety Riding tingkat SMA/SMK yang digelar Satlantas Polres Kendal bekerja sama dengan Yamaha Indonesia Motor (YIM) di depan Polsek Kota, Sabtu (28/1).

KENDAL – Adiatma, seorang siswa SMA 1 Weleri ini pantas dijuluki rajanya safety riding. Bagaimana tidak, Adiatma mengalahkan  17 peserta lainnya dalam  lomba Safety Riding tingkat SMA/SMK yang digelar Satlantas Polres Kendal bekerja sama dengan Yamaha Indonesia Motor (YIM) di depan Polsek Kota, Sabtu (28/1).

Sementara Meggi dari SMK 2 Kendal meraih juara dua dan Agung dari SMA 1 Kaliwungu harus puas dengan juara tiga. Ketiganya mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan dari penyelenggara. Lomba yang baru pertama kali diselenggarakan Satlantas Polres Kendal itu sebenarnya diikuti 21 peserta, tetapi tiga peserta tidak datang karena saat lomba berlangsung kondisi hujan deras.

Meski hujan, tidak menyurutkan niat peserta yang hadir untuk mengikuti lomba. Dengan menggunakan jas hujan, peserta satu persatu mengikuti jalannya perlomba. Mereka menggunakan sepeda motor yang disiapkan panitia. Adapun rintangan yang harus dilalui yakni melewati jembatan titian, berjalan zig-zag menghindari balok kayu, tikungan tajam, dan mengendarai motor mengelilingi lingkaran yang membentuk angka delapan.

Tidak sedikit peserta yang dalam berjalan zig-zag, sepeda motor menyentuh balok kayu, hingga balok kayu tersebut jatuh dan saat di tikungan tajam, kaki menyentuh jalan. Meski begitu, hal itu tidak serta merta membuat peserta gugur, melainkan hanya mengurangi poin penilaian.

Kasatlantas Polres Kendal AKP Agus Triyono, mengatakan, lomba Safety Riding tingkat SMA/SMK di Kabupaten Kendal baru pertama kali ini dilakukan. Meski begitu, kegiatan sosialisasi cara mengendara yang aman di jalan raya, terus dilakukan pihaknya di sekolah-sekolah. Hal itu sebagai salah satu upaya mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Sebab, kasus laka lantas yang melibatkan kalangan pelajar masih mendominasi dibanding profesi lain.

”Kami berharap para peserta bisa ikut mensosialisasikan bagaimana cara mengemudi dengan aman kepada rekan-rekannya,” tuturnya.

Kanit Dikyasa Polres Kendal Ipda Imam Sofyan, mengatakan, peserta lomba berasal dari tujuh sekolah, yakni SMA 1 Kendal, SMA 2 Kendal, SMK 1 Kendal, SMK 2 Kendal, SMA 1 Kaliwungu, SMA 1 Weleri, dan SMA Muhammadiyah 1 Weleri. Sebelumnya dilakukan seleksi di masing-masing sekolah, sehingga diambil masing-masing sekolah tiga anak untuk maju ke babak grand final. Seleksi digelar 18 – 26 Januari.

”Selain lomba safety riding, kami juga menggelar kopi darat bersama klub motor yang tersebar di Kabupaten Kendal. Jumlah peserta kopi darat sekitar 500 orang,” kata dia. (MJ-01)

Ini Menarik!

Mengunjungi Jejak Sejarah Indonesia di Lawang Sewu

Share this on WhatsAppLawang Sewu dalam bahasa Indonesia berarti “Pintu Seribu”. Warga Semarang menyebutnya demikian …

Silakan Berkomentar