8 Heli Apache Tambah Kekuatan Penerbad Jaga Keamanan Indo-Pasifik

SEMARANG – Prajurit Skadron 11 Serbu Penerbad Semarang mendapat amunisi anyar untuk menjaga stabilisasi keamanan di wilayah Indonesia. Pasalnya, markas Penerbad Semarang hari ini, Rabu (16/5), kedatangan delapan helikopter Apache.

Penyerahan heli Apache di Pangkalan Udara Angkatan Darat Ahmad Yani, Rabu (16/5). Foto: fariz fardianto

Delapan Apache itu secara simbolis diserahkan oleh Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizad Ryacudu kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang diwakili Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono di Pangkalan Udara Angkatan Darat Ahmad Yani.

Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu menyebutkan keberadaan helikopter Apache nantinya mampu memaksimalkan penjagaan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kepada TNI, saya minta untuk mempelajari pengoperasian Apache agar dapat digunakan maksimal dan dijaga agar masa pakainya dapat lebih lama,” kata Ryamizard.

Lebih lanjut, Ryamizard berkata delapan Apache itu bisa digunakan untuk mendukung misi penerbangan prajurit Penerbad khususnya di wilayah udara Jawa Tengah.

Helikopter Apache ini, kata Ryamizard telah mengantongi Sertifikat Kelaikan Udara Militer Heli dari Kepala Pusat Kelaikan Badan Sarana Pertahanan Kemhan kepada Komando Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat.

Wakil Duta Besar Amerika Serikat, Erin McKee mengatakan bangga menjadi mitra militer terbesar Indonesia. Sehingga, Erin menuturkan, posisi delapan Apache jadi bukti dari kemitraan strategis yang kuat.

Erin pun mengungkapkan kemitraan kedua negata harus terus berkembang pada masa mendatang.

“Kami berharap dengan tambahan Apache ini kepada angkatan bersenjata Indonesia dapat mengukung komitmen kedua negara untuk mewujudkan stabiliteas keamanan dan perdamaian di Kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ungkapnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

12 − = 6

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.