Home > JATENG RAYA > 595 Nyawa Melayang di Jalanan Kabupaten Grobogan

595 Nyawa Melayang di Jalanan Kabupaten Grobogan

Kasatlantas Polres Grobogan AKP Arianto Salkery berbaur bersama anggota PNC. Foto Metro
Kasatlantas Polres Grobogan AKP Arianto Salkery berbaur bersama anggota PNC. Foto Metro

GROBOGAN – Angka kecelakaan lalulintas di Kabupaten Grobogan masih cukup tinggi. Sepanjang 2010 hingga Mei 2014, tercatat 595 nyawa melayang di jalanan kabupaten yang kondang dengan obyek wisata Bledug Kuwu ini.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Arianto Salkery menyebutkan, pada tahun 2010 jumlah laka di wilayahnya ada 484 kasus dengan 143 korban meninggal dan 583 luka. Tahun 2011 terjadi 550 kasus, 176 meninggal dan 647 luka, tahun 2012 terjadi 786 kasus, 127 meninggal dan 967 luka dan tahun 2013 terjadi 667 kasus, 109 meninggal dan 788 luka. Sedangkan tahun 2014 hingga 2 Mei 2014 tercatat 191 kasus, 40 meninggal dan 234 luka.

“Melihat data tersebut kita sangat prihatin karena angka laka di Grobogan cukup tinggi. Begitu juga korban manusia dan kerugian meteriil yang ditimbulkan tidak sedikit. Salah satu penyebabnya adalah human error,” katanya, di sela deklarasi gerakan pelopor keselamatan berlalulintas bersama anggota klub Kawasaki Ninja di halaman parkir Stadion Krida Bhakti Purwodadi, Senin (11/8/2014).

Untuk menekan tingginya angka kecelakaan, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi keselamatan berlalulintas. “Kami juga menggandeng para pecinta otomotif yang tergabung dalam sebuah klub baik motor maupun mobil untuk kami jadikan sebagai pelopor keselamatan berlalulintas,” lanjutnya.

Arianto mengimbau kepada para pengendara sepeda motor khususnya para anggota klub motor untuk memperhatikan kelengkapan saat berkendara. Selain itu, ia juga berharap kepada klub motor ketika melakukan pawai supaya menghormati pengendara lain.

Sementara, Ketua Purwodadi Ninja Club (PNC)  Hariyanto mengatakan, kegiatan yang bertujuan untuk memupuk persuadaraan pecinta otomotif ini sengaja dikemas dengan menggandeng Satlantas. Pasalnya, PNC sendiri masuk dalam Forum Motor Grobogan (Frog) yang merupakan komunitas binaan Satlantas Polres Grobogan.

“Kami kedepankan sosialisasi keselamatan berlalulintas di setiap acara, khususnya hari ini (kemarin, Red). Sebagai pelopor, kami bangga dengan adanya pembinaan yang telah dilakukan pihak Satlantas. Bertambahnya umur PNC, bertambah pula kinerja kami dalam membantu Satlantas mensosialisasikan keselamatan berlalulintas,” ujarnya di sela-sela acara.

Selain acara hiburan dan sosialisasi keselamatan berlalulintas, sebanyak 600 peserta peringatan HUT ke-9 PNC tersebut juga diajak berkeliling Kabupaten Grobogan khususnya di tempat-tempat wisata. (MJ-04)

 

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar