Beranda JATENG RAYA METRO SEMARANG 540 Km Jalan di Kendal Rusak Parah

540 Km Jalan di Kendal Rusak Parah

2
0
image
Ilustrasi jalan rusak

A?
KENDAL – Sekitar 540 kilometer jalan di Kendal membutuhkan perbaikan. Kondisi aspal jalan itu mengelupas lantaran sering dilewati truk yang melebih tonase muatan.

Ketua DPRD Kendal Prapto Utono mengaku sangat prihatin dengan kondisi jalan di Kendal yang justru didominasi jalan rusak.

Dia mengatakan, jalan di Kendal sepanjang 770,9 km. Jalan-jalan tersebut tersebar diseluruh 20 kecamatan yang ada di kabupaten ini. Sementara kerusakan jalan sepanjang 539,63 kilometer. Artinya, hampir setiap kecamatan kondisi jalan dalam kondisi mengkhawatirkan.

“Jadi hanya sedikit jalan yang kondisinya masih baik. Makanya pemerintah harus tegas mengawasi truk yang mengangkut muatan over load,” katanya.

Bahkan adanya perbaikan sebagian jalan yang sudah dilakukan pemerintah tak mampu mengubah kondisi jalan yang masih saja rusak. Untuk itu, menurutnya, solusi untuk mengatasi kerusakan jalan ini harus melalui kajian yang matang.

“Tidak hanya berapa besar anggaran yang dibutuhkan, tapi juga pengawasan pekerjaan sampai pekerjaan selesai. Selain itu, pengelolaan jalan paska dilakukan perbaikan juga tidak boleh luput dari pemerintah. Sehingga jangka waktu usia jalan pun dapat bertahan lama,” tambahnya.

Dia mencontohkan, Jalan Sekopek, Kaliwungu di mana per harinya jalan itu dilewati ratusan truk pengangkut galian  C bermuatan melebihi tonase.

“Muatannya terlalu over, sedianya 6 meter kubik tapi truk memuat minimal 9-10 meter kubik. Inilah penyebab kenapa perbaikan jalan jadi pekerjaan sia-sia oleh pemerintah,” jelasnya.

Dia berharap Pemkab Kendal menindak angkutan yang melebihi tonase. “Dengan begitu pengeluaran untuk perbaikan jalan pun dapat ditekan. Sehingga anggarannya bisa digunakan untuk pembangunan lainnya,” tandasnya.

Terpisah, Kabid Bina Marga Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Kendal Sugeng Prayitno membenarkan bahwa masih banyak kondisi jalan di Kendal yang rusak, termasuk yang belum diaspal.

Menurutnya, Pemkab Kendal terus berusaha memperbaiki jalan meski dalam volume yang kecil.

“Kami terus memperbaiki kondisi jalan dengan keterbatasan anggaran. Dan, setahun lalu, Pemkab Kendal berhasil memperbaiki jalan rusak sepanjang 80 km,” katanya.

Pada tahun ini, tambah Sugeng, Pemkab Kendal juga bakal memperbaiki sejumlah kerusakan jalan. Pada anggaran tahun ini, terdapat 79 paket perbaikan jalan yang akan dikerjakan.

Dia menambahkan, pihaknya terus mendata kerusakan jalan di Kendal untuk dimintakan anggaran pada APBD Perubahan tahun 2015. Sehingga perbaikan jalan di Kendal dapat terus dilaksanakan.

“Harapan kami, akhir Mei sudah dapat didata kerusakan jalan yang lain sehingga pada APBD perubahan dapat diusulkan untuk perbaikan,” imbuhnya. (MJ-01)