Home > HEADLINE > 51 Korban Longsor Banjarnegara Berhasil Dievakuasi, 57 Masih Dicari

51 Korban Longsor Banjarnegara Berhasil Dievakuasi, 57 Masih Dicari

Longsor di Kabupaten Banjarnegara. Senin (15/12) sore, evakuasi korban dihentikan sementara. Foto Metrojateng/dok BNPB
Longsor di Kabupaten Banjarnegara. Senin (15/12) sore, evakuasi korban dihentikan sementara. Foto Metrojateng/dok BNPB

BANJARNEGARA – Tim evakuasi bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kec. Karangkobar, Kab. Banjarnegara untuk sementara menghentikan pencarian para korban karena kondisi cuaca tidak memungkinkan. Pada hari ini, Senin (15/12), tim berhasil menemukan 12 jenazah, sehingga total korban tewas yang sudah berhasil dievakuasi adalah 51 jiwa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hingga hari ini masih ada 57 jiwa yang belum ditemukan. Sedangkan, dari 51 korban tewas, baru 45 jenazah sudah teridentifikasi dan masih ada enam jenazah yang belum diketahui identitasnya.

“Pencarian korban akan dilanjutkan besok pagi. Sebanyak 2.000 personel tim gabungan terus bekerja mencari korban dengan mengerahkan 12 alat berat dari Kementerian PU Pera untuk membersihkan longsoran jalan. Sejauh ini, ruas jalan Banjarnegara-Pekalongan masih belum bisa dilalui,” kata Sutopo, Senin (15/12).

Berdasarkanari rekonstruksi pemetaan longsor, daerah yang terlanda longsor sekitar 17 hektar. Jarak luncuran longsor dari mahkota longsor hingga titik akhir panjangnya sekitar 1,2 km. Material meluncur kurang dari 5 menit dan menimbun 43 rumah.

“Saat ini fokusnya adalah pencarian korban dan pembersihan jalan. Kita perlu memberikan apresiasi kepada relawan yang semangat membantu atas panggilan kemanusiaan. Pengungsi dipenuhi kebutuhan dasarnya. BNPB akan berkolaborasi dengan kementerian/lembaga menentukan skema bantuan,” demikian Sutopo. (MJ-03)

Ini Menarik!

Kerusuhan Lapas Permisan, 11 Narapidana Diperiksa

Share this on WhatsApp SEMARANG – Sebanyak 11 narapidana yang terlibat aksi kerusuhan di Lapas …

Silakan Berkomentar