4 Parpol Dukung Ganjar-Yasin

Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen usai mendaftar sebagai pasangan calon kepala daerah Jawa Tengah di KPU. (foto: metrojateng.com/fariz fardianto)

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah memastikan hanya ada empat parpol yang mengusung pencalonan incumbent Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun ini. Muslim Aisha, Komisioner KPU Jateng mengatakan keempat parpol pengusung Ganjar-Yasin antara lain PDIP, PPP, Demokrat dan Nasdem.

“Ada empat parpol pengusung pasangan Ganjar Pranowo-Gus Yasin karena dalam daftar pendaftaran, tidak ada nama Partai Golkar. Ini artinya, diluar itu jadi partai pendukung saja,” ungkap Muslim di kantornya, Jalan Veteran, Semarang, Selasa (9/1).

Muslim mengklarifikasi hal tersebut untuk menjawab spekulasi ihwal kehadiran kader Golkar dalam proses pendaftaran Ganjar-Yasin di KPU hari ini.

Muslim menyatakan semua berkas pendaftaran pasangan Ganjar-Yasin telah dinyatakan lengkap. Berkas-berkas yang memenuhi syarat KPU itu mulai dari kelengkapan dokumen pencalonan, berkas syarat minimal 20 kursi dari aturan KPU serta surat rekomendasi pencalonan dari keempat partai pendukung.

“Syarat-syarat pencalonan sudah lengkap. Kita tinggal memverifikasi yang dimulai dari pemeriksaan kesehatan,” terangnya.

Menurutnya tahapan pemeriksaan kesehatan para paslon akan dibagi dua lokasi. Untuk Pilgub Jateng, pemeriksaan kesehatan dikerjakan di RSUP Dr Kariadi. Sedangkan, untuk menjangkau proses Pilkada serentak tujuh daerah, pemeriksaan kesehatan juga dilakukan di RSUD Muwardi, Solo.

Ia menambahkan bahwa jadwal pendaftaran paslon Pilgub tinggal menyisakan sehari lagi. Pada keesokan hari, Muslim menyebut Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, sebagai bakal calon gubernur yang diusung koalisi Gerindra, PAN dan PKS rencananya mendaftarkan diri di KPU.

“Pak Sudirman akan mendaftar besok tepat di hari terakhir. Tadi timnya sudah konfirmasi untuk datang pagi dan habis itu langsung deklarasi,” terangnya.

Meski begitu, nama pendamping Sudirman saat ini masih misterius. Pihak KPU juga belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Jumlah partai pengusung Sudirman Said masih bisa berkembang. “Nama penampingnya belum ada. Kita tidak bisa menebak. Kita lihat saja besok,” tukasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

95 − = 85

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.