Home JATENG RAYA Tahun Ini Pemkot Magelang Naikkan Target Pajak

Tahun Ini Pemkot Magelang Naikkan Target Pajak

3
0
SHARE
Walikota Magelang ir Sigit Widyonindito  menyerahkan SPPT PBB P2 kepada tiga orang perwakilan dari Kecamatan Magelang Selatan, Magelang Tengah, dan Magelang Utara, dalam apel pagi, Rabu (17/1). (foto: metrojateng.com/ch kurniawati)

 

MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang menaikkan target realisasi pendapatan dari Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) tahun 2018. Target pajak tahun 2017 mencapai Rp 5,6 miliar naik menjadi Rp 5,7 miliar di tahun 2018.

Diketahui, realisasi PBB P2 tahun 2017 jauh melebihi target yang ditentukan. Capaian pendapatan pajak dari PBB P2 tahun 2017 mencapai lebih dari 100 persen. Yakni sebesar Rp 6,436 miliar, target seharusnya sebesar Rp 5,6 miliar.

“Hal itu berkat langkah optimalisasi yang dilakukan petugas agar pembayaran pajak maksimal. Selain itu juga kesadaran wajib pajak,” kata Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito di sela apel pagi karyawan Pemerintah Kota Magelang, Rabu (17/1).

Optimalisasi tersebut berupa verifikasi dan validasi piutang dan dilanjutkan penagihan. Pembayaran PPP P2, termasuk tunggakan pajak sebagai syarat pengajuan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Penilaian kembali objek pajak PBB P2, dan penerapan host to host PBB P2.

“Rencana optimalisasi juga akan dilakukan tahun 2018. Diantaranya pemutakhiran data PBB P2 secara parsial per kecamatan atau kelurahan. Rencana pengembangan digitalisasi peta blok PBB P2. Serta penilaian kembali objek pajak PBB P2,” terangnya.

Adapun untuk target pajak PBB P2 tahun 2018 ini ditetapkan sebesar Rp 5,7 miliar dengan potensi pajak sebesar Rp 6,514 miliar. Jumlah Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) juga mengalami kenaikan sebanyak 297 objek pajak. Pada tahun 2017 jumlah SPPT mencapai  36.001, meningkat menjadi 36.298 pada 2018.

Sigit meminta warga Kota Magelang agar lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya membayar pajak. “Karena pajak ini nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan maupun pembangunan infrastruktur,” himbaunya.

Dalam apel pagi yang berlangsung di halaman belakang Setda Kota Magelang, Walikota Magelang juga menyerahkan SPPT PBB P2 kepada tiga orang perwakilan dari Kecamatan Magelang Selatan, Magelang Tengah, dan Magelang Utara. (MJ-24)