Beranda JATENG RAYA Tes Kesehatan Juliyatmono-Rober Christanto Diperpanjang

Tes Kesehatan Juliyatmono-Rober Christanto Diperpanjang

15
0
BERBAGI
Tes kesehatan yang dilakukan calon kepala daerah Jawa Tengah di RSUP Kariadi. (foto: metrojateng)

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah bersama tim medis sepakat memperpanjang tahapan tes kesehatan pasangan calon (paslon) Pilkada Karanganyar, Juliyatmono-Rober Christanto selama seminggu lagi. Pasalnya, mereka sedang menunggu hasil akhir verifikasi pendaftaran calon yang sedang berlangsung di lokasi tersebut.

Seperti diketahui, pasangan Juliyatmono merupakan incumbent yang kembali maju Pilkada Karanganyar di periode kedua. Juliyatmono-Rober berpotensi menjadi calon tunggal karena telah mendapat dukungan delapan parpol yang memiliki kursi DPRD antara lain Golkar, PDIP, PAN, PPP, Hanura, Gerindra, PKB, dan Partai Demokrat.

“Makanya untuk tes kesehatan pasangan calon dari Karanganyar diberi waktu seminggu lagi. Sebab, Pilkada Karanganyar hanya diikuti satu pasang. Tentunya kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan yang sama mulai tes kejiwaan, detak jantung, liver, paru, cek darah dan narkoba,” ungkap Bambang Purwanto, perwakilan tim medis gabungan dari RSUD dr Muwardi, Solo, saat menyerahkan hasil tes kesehatan para peserta Pilkada serentak di kantor KPU Jateng, Selasa (16/1).

Dengan kondisi tersebut, ia menyatakan maka pihaknya baru bisa menyerahkan hasil tes kesehatan 14 paslon. Bambang menjelaskan tes kesehatan dilakukan di dua tempat. Yaitu di RSUP Dr Kariadi Semarang dan RSUD dr Muwardi Solo.

“Kebetulan hanya ada dua rumah sakit tipe A yang ditunjuk menyelenggarakan tes kesehatan untuk Pilgub dan Pilkada serentak. Syukurlah pelaksanaan di lapangan bisa berjalan lancar,” ujar Bambanh.┬áIa menyebut proses tes kesehatan Pilkada serentak 2018 cenderung lebih lengkap ketimbang Pilkada tahun-tahun sebelumnya.

Ia berharap, hasilnya bisa menjadi acuan bagi KPU untuk mempertimbangkan verifikasi para paslon yang maju Pilkada. “Mudah-mudahan menjadi pertimbangan yang baik bagi semua pihak penyelenggara,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo menyampaikan pendaftaran peserta Pilkada Karanganyar kembali dibuka selama tiga hari mulai 15-17 Januari besok untuk memberi kesempatan calon lain mendaftarkan diri.

KPU, kata Joko memasang syarat wajib bagi pendaftar minimal memiliki sembilan kursi DPRD. Untuk saat ini, yang belum mendaftar terdapat enam kursi.

Namun, ia pesimistis akan muncul calon lain diluar nama Juliyatmono. “Kami berikan kesempatan, kalau tidak ada yang mendaftar kami lanjutkan untuk tes kesehatan Bakal Pasangan Calon Bupati Karanganyar,” katanya. (far)