Beranda JATENG RAYA Ketua PWNU Bebaskan Warga Nahdliyin Tentukan Pilihan di Pilgub Jateng

Ketua PWNU Bebaskan Warga Nahdliyin Tentukan Pilihan di Pilgub Jateng

2
0
BERBAGI
Ilustrasi

SEMARANG – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah mempersilahkan kepada warga Nahdliyin untuk menentukan hak suaranya di bursa Pilgub Jateng. Ketua PWNU Jawa Tengah, Abu Hafsin mengatakan pihaknya membebaskan pilihan politik warganya lantaran terdapat dua kader yang maju dalam Pilgub 2018.

Dua kader NU yang maju Pilgub Jateng ialah Taj Yasin Maimoen yang diusung koalisi PDIP, PPP, Nasdem, Demokrat sebagai calon wakil gubernur mendampingi incumbent Ganjar Pranowo. Sedangkan satunya lagi yaitu Ida Fauziyah yang diusung koalisi Gerindra, PKS, PAN, PKB dan berpasangan dengan Sudirman Said.

“Bagi saya ini berkah, karena dua bakal cawagub berasal dari NU. Saya kira kita menjadi bebas untuk memilih siapapun. Sikap perbedaan hal biasa,” ungkap Abu, Kamis pagi (11/1).

Menurut Abu terpilihnya dua kader NU sebagai cawagub menjadi berkah bagi semua warga Nahdliyin. Ini, lanjutnya adalah sebuah rahmat dari Allah SWT. Taj Yasin dan Ida Fauziah, tambahnya merupakan kader-kader terbaik yang dimiliki NU selama ini. Ia pun optimistis penyelenggaraan Pilgub Jateng tidak akan memecah belah basis NU.

“Saya tidak mengendaki terjadi seperti itu, tetapi mudah-mudahan tidak. Dengan seperti ini warga NU justru dididik untuk dewasa,” akunya. Hapsin menyatakan Pilgub adalah ranah partai politik. Namun diakuinya, pasti ada orang-orang NU yang akan masuk menjadi tim kampanye kedua pasangan cagub dan cawagub tersebut.

Apabila ada yang demikian, Hapsin menegaskan agar tidak mengatasnamakan NU. “Kepada warga NU yang masuk tim kampanye Ganjar maupun Sudirman Said mudah-mudahan bisa menempatkan dengan cara proporsional,”. (far)