Beranda JATENG RAYA Desa Sawangan Kabupaten Magelang Deklarasikan Anti Politik Uang

Desa Sawangan Kabupaten Magelang Deklarasikan Anti Politik Uang

20
0
BERBAGI
Ketua Panwaskab Magelang, M Habib Shaleh beserta jajaran dan Kepala Desa Sawangan, Johan Wahyudi dan Grup Kesenian Jathilan Sawangan usai mendeklarasikan Dusun Sawangan sebagai Kampung Anti-Money Politics, Minggu (31/12). (Foto: metrojateng.com/Ch  Kurniawati)

 

MAGELANG – Kepala Desa Sawangan Kabupaten Magelang, Johan Wahyudi menyatakan bahwa kampungnya merupakan kampung anti-money politic. Hal itu dinilai sebagai tindakan yan berani, terutama menghadapi pilkada serentak 2018. Bersama Panwaskab Magelang, ia mendeklarasikan kampung anti-money politic, Minggu (31/12).

Johan Wahyudi mengatakan, warga di Sawangan sepakat untuk menolak praktik politik uang. “Money politic hanya akan merugikan warga itu sendiri selama beberapa tahun. Mental warga di sini tidak seratus ribuan, dua ratus ribuan, atau berapapun. Itu komitmen kami,” kata Johan Wahyudi dalam deklarasi.

Dikatakan dia, Pemilu merupakan instrumen demokratik yang harus mampu mewakili harapan dan aspirasi warga negara sebagai individu maupun kelompok. “Karenanya kami berharap agar pesta demokrasi tidak tercoreng dengan aksi tidak terpuji. Antara lain praktik politik uang,” ujar Johan.

Johan mengklaim, seluruh warga sudah memberikan dukungan guna membendung jika ada indikasi pelanggaran pemilihan umum tersebut. Mereka tidak hanya membentengi, namun juga siap melaporkan apabila ada indikasi dugaan politik uang.

“Kami ingin membawa pilkada dan pemilu yang berintegritas dan berkualitas,” harapnya. Dengan kejujuran dan keadilan, diharapkan dapat melahirkan pejabat publik yang representatif dari individu dan kepentingan politik seluruh warga.

Ketua Panwaskab Magelang Habib Sholeh mengapresiasi apa yang dilakukan Kepala Desa Sawangan dan warganya. Ia mencanangkan Sawangan sebagai kampung anti-money politic dengan pemukulan gong.

“Saya sangat kagum dengan kesiapan Dusun Sawangan yang mampu secara cepat menjawab tantangan pencanangan Kampung Anti-Money Politic,” katanya.

Adanya kampung anti-money politic ini menjadi upaya mitigasi praktik politik uang. Sawangan diharapkan menjadi pemantik dusun, desa, dan kecamatan lain se-Kabupaten Magelang untuk mendeklarasikan anti-politik uang.

Habib mengatakan, demokrasi bisa menjadi luar biasa ketika proses penyadaran demikian kuat. Kampung anti-money politic dipandang efektif untuk mencegah maraknya politik uang, menjelang Pilkada dan Pemilu.  Ia berharap pada tiap satu kecamatan se-Kabupaten Magelang minimal harus ada satu kampung anti-money politic. (MJ-24)