Pemkot Berkomitmen Tingkatkan IKM di Semarang

Penandatanganan nota kesepahaman antara Direktorat Jendral Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian RI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Semarang dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia. (foto: metrosemarang.com/ Mukhamad Masrukhin)
SEMARANG – Penandatanganan nota kesepahaman antara Direktorat Jendral Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian RI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Semarang dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia dilakukan di Ruang Garuda, Gedung Kementrian Perindustrian Lantai2 Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (12/12).
Penandanganan tersebut merupakan salah satu upaya Pemkot Semarang yang kian gencar meningkatkan sektor Industri Kecil Menengah (IKM). Dan bertujuan untuk meningkatkan akses pasar baik domestik maupun internasional melalui penggunaan rumah promosi IKM di Kota Lama yang akan menampilkan produk unggulan IKM khas Kota Semarang.
Selain itu menjalin sinergitas antar stakeholder baik itu Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendorong daya saing produk IKM. Serta memberikan kesempatan kepada IKM dalam memasarkan produknya melalui rumah promosi IKM Kota Lama.
Plh Walikota Semarang Hevearita Gunaryati Rahayu menyebutkan, ruang lingkup nota kesepahaman ini meliputi pemanfaatan Gedung PT PPI di Kota Lama yang akan digunakan menjadi rumah promosi IKM Kota Lama.
Kemudian Pendirian Rumah Promosi IKM Kota Lama, renovasi rekondisi dan pengelolaan gedung yang digunakan untuk rumah promosi IKM Kota Lama, serta promosi dan pemasaran produk unggulan IKM di Rumah Promosi IKM Kota Lama.
”Kerjasama tersebut akan berlangsung selama 3 tahun dan nantinya Rumah Promosi Kota Lama akan berlokasi diJalan Letjen Suprapto 30 Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang. Sama halnya dengan Semarang Kreatif Galeri, keberadaannya diharapkan dapat meningkatkan IKM dan sector pariwisata di Kota Semarang”, tuturnya dalam rilis Humas Pemkot Semarang, Jumat (15/12).
Dalam kerjasama kali ini, lanjut Plh Walikota, peran dan tanggung jawab Pemerintah Kota Semarang diantaranya untuk mengelola gedung PPI untuk dijadikan rumah promosi IKM Kota Lama.”Kami juga akan melakukan renovasi gedung PPI, menyusun rencana anggaran biaya renov gedung PPI, dan dengan berbagai pihak melakukan promosi produk unggulan IKM di rumah promosi IKM ini,” katanya. (duh)

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 5 = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.