Home > JATENG RAYA > Jelang Natal dan Tahun Baru, Polsek Welahan Lakukan Razia

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polsek Welahan Lakukan Razia

Kapolsek Welahan AKP Rismanto berdiskusi dengan pengamen jalanan yang terjaring razia. (foto: metrojateng.com/MJ-23)

 

 

 

JEPARA – Untuk menciptakan situasi kondusif menjelang Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Kapolsek Welahan AKP Rismanto memerintahkan razia minuman keras dan pengemis, gelandangan dan orang telantar, usai salat Jumat.

“Kami melakukan razia selama sekitar tiga jam. Keliling ke sejumlah wilayah di Kecamatan Welahan. Hal ini untuk menciptakan situasi kondusi jelang Natal dan tahun baru,” ujar Kapolsek.

Hasilnya, empat pengamen dan anak jalanan yang mangkal di lapangan Desa Gedangan diamankan. Juga satu penjual minuman keras. Mereka dibawa ke Mapolsek setempat. Pengamen dan anak jalanan itu masih berusia belasan tahun. Polisi melakukan pendataan dan pembinaan kepada mereka.

“Dari pendataan, mereka tidak ada yang warga Jepara. Mereka berasal dari Demak dan Kudus. Mirisnya, mereka masih berusia 12 tahun sampai 16 tahun dan tidak bersekolah,” kata Kapolsek Rismanto, Jumat (8/12)

Keduanya diketahui masih memiliki keluarga dan orang tua. Polisi lantas mengajak mereka diskusi dan mencoba mencari tahu alasan kedua anak tersebut hidup di jalanan dengan bergaya seperti kelompok pemusik punk.

Tindakan berbeda dikenakan pada penjual minuman keras, Zuliyanto (51). Ia adalah warga Desa Welahan RT 7 RW 2. dikenakan pasal Tindak Pidana Ringan (Tipiring). “Yang bersangkutan menjual miras di rumahnya, jadi bukan warung. Kami temukan sejumlah botol ciu di rumahnya. Kami kenakan Tipiring,” kata Kapolsek.

Menurutnya, selama kurun waktu satu tahun ini sudah ada 16 penjual minuman keras yang menjalani sidang Tipiring. Selain itu, ada 10 orang penjual minuman keras yang dibina, juga tujuh orang pengamen dan anak-anak bergaya punk.

“Harapannya situasi kondusif dan tidak ada jatuh korban karena minuman keras (oplosan – red),” kata Rismanto. (MJ-23)

Ini Menarik!

Selama 2017 Ekspor Jateng Naik 11,21%

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah mencatat nilai ekspor Jateng sepanjang 2017 dibandingkan …

Silakan Berkomentar