Home > JATENG RAYA > Cegah Senjata Tajam dan Narkotika, Semua Lapas di Nusakambangan Dipasangi X-Ray

Cegah Senjata Tajam dan Narkotika, Semua Lapas di Nusakambangan Dipasangi X-Ray

Ilustrasi

SEMARANG – Untuk mencegah masuknya senjata tajam dan narkotika, semua lembaga pemasyarakatan (lapas) di lingkungan Nusakambangan mulai akhir tahun ini dilengkapi metal detektor dan alat pemindai tubuh (x-ray).

Koordinator Kepala Lapas di kompleks Nusakambangan, Sudjonggo mengatakan pemasangan peralatan tersebut saat ini sedang disiapkan oleh petugas.

Untuk saat ini, pemasangan x-ray dan metal detektor baru dilakukan di depan pintu masuk Dermaga Wijayapura dan Dermaga Sodong. Dua dermaga itu merupakan pintu masuk utama dari Cilacap menuju Nusakambangan.

“Selama ini baru dipasang di Wijayapura dan Sodong. Tapi di akhir tahun ini, kita targetkan semua kantor UPL dan lapas-lapas di Nusakambangan harus dipasangi alat pemindai tubuh, metal detektor untuk memperketat pemeriksaan pembesuk napi,” kata pria yang juga jadi Kalapas Batu tersebut ketika dikontak metrosemarang.com, Rabu (19/11).

Di tiap lapas maupun UPL, pihaknya akan memasang masing-masing satu buah x-ray dan metal detektor. Ia menganggap jumlah ini sudah memadai untuk menggeledah tubuh para pembesuk.

Menurutnya pemasangan alat tersebut penting dilakukan guna mengantisipasi penyeludupan barang-barang berbahaya mulai obat-obatan terlarang, sajam hingga telepon genggam.

“Saya tidak mau kecolongan lagi seperti kejadian penusukan terhadap petugas di Lapas Kembang Kuning. Mulai sekarang, pembesuk maupun napi-napi akan diperiksa ketat oleh petugas yang dibantu aparat kepolisian,” tuturnya.

Layaknya pemindai tubuh yang terpasang di pintu masuk bandar udara, pihaknya juga menjamin barang berbahaya tidak akan lolos dengan mudah ke dalam lapas. Terlebih lagi, jumlah petugas juga diperbanyak sesuai fungsi masing-masing.

“Mudah-mudahan 100 persen tidak ada lagi sajam maupun narkotika yang diselundupkan ke Nusakambangan. Kita sebagai manusia tentu punya kelemahan, tetapi dengan adanya penempatan alat-alat tersebut diharapkan mampu menekan barang selundupan,” tandasnya. (far)

Ini Menarik!

Gempa 6,9 SR Terasa Sampai Semarang, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Share this on WhatsApp SEMARANG – Sejumlah warga Kota Semarang berhamburan keluar rumah setelah gempa …

Silakan Berkomentar