Home > JATENG RAYA > Tak Ada Calon Independen di Pilgub Jateng 2018

Tak Ada Calon Independen di Pilgub Jateng 2018

Ilustrasi

 

 

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan tidak ada calon independen yang berani mendaftar sebagai bakal calon gubernur maupun wakil gubernur untuk bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 nanti. Kepastian itu didapat sejak penutupan pendaftaran bakal calon, 26 November lalu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan semula terdapat lima kelompok yang berniat mendaftarkan diri sebagai calon perseorangan. Namun, seiring berjalannya waktu hanya ada dua pasangan calon yang intens berkomunikasi dengan KPU.

Salah satu dari dua pasangan tersebut telah menginput data di Sistem Informasi Pencalonan (Sipol) 40 ribu daftar dukungan.

“Syarat untui Pilgub Jateng, calon perorangan dukungan minimaonya 1.781.606 yang tersebar di 50 persen kabupaten atau kota atau 18 daerah. Karena syarat yang tidak memenuhi itulah, mereka batal menndaftar. Pilgub Jateng 2018 nanti dipastikan tidak ada calon perorangan,” katanya, Senin (27/11).

Ketua Bawaslu Jateng, Fajar Saka menuturkan pada dua perhelatan Pilgub Jateng terakhir selalu ada tanda-tanda calon perseorangan, meski akhirnya tidak ada yang mendaftar. Pihaknya tetap berupaya menjaga sekaligus meningkatkan kualitas pemilu. Karenanya, tidak perlu ada kesalahpahaman antara KPU dan Bawaslu.

Sementara, hingga kini belum ada bakal calon yang mendeklarasi dan serius maju di Pilgub Jateng.  Pengamat politik, Amin Suryanto mengatakan, hal ini perlu diantisipasi oleh KPU Jateng. Dikhawatirkan, jika Pilgub sepi peminat maka akan berimbas pada beberapa wilayah lain di Jawa Tengah yang mengadakan Pilkada serentak.

Saat ini, tujuh KPU kabupaten/kota sedang memantapkan persiapan akhir untuk menggelar tahapan Pilkada mulai 25-29 November 2017. Daerah yang juga melaksanakan pemilihan adalah Kabupateb Kudus, Karanganyar, Banyumas, Tegal, Magelang, Temanggung, dan Kota Tegal. (far)

 

 

Ini Menarik!

Pasar Klitikan Rampung, PKL Bantaran BKT Harus Pindah Mulai Januari

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pasar Klitikan di Penggaron telah selesai dibangun Pemerintah Kota …

Silakan Berkomentar