Home > JATENG RAYA > Ada Jejak Presiden Soekarno di Hotel Pringgosari

Ada Jejak Presiden Soekarno di Hotel Pringgosari

 

SALAH satu penginapan di sekitar area wisata Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar menyimpan “catatan” sejarah. Adalah Hotel Pringgosari yang dahulu bernama Wisma Pringgosari.

Sebelum dibuka untuk umum, tempat ini hanya diperuntukan bagi pejabat pemerintah Provinsi Jawa Tengah ataupun pemerintah pusat dan tamu pemerintahan. Presiden pertama Indonesia, Soekarno pernah menempati salah satu kamar di Wisma Pringgosari, lengkap dengan ruang kerja presiden di dalamnya.

Kini hotel yang ada di Jalan Grojogan Sewu, Desa Karangsari, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar ini terbuka untuk umum. Hanya 500 meter jaraknya dari tempat wisata Air Terjun Grojogan Sewu. Artinya, jika ingin ke Grojogan Sewu bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Berada pada ketinggian 1.100 meter di atas permukaan air laut, hotel ini menawarkan pemandangan menarik di sekitarnya. Tak lain adalah, hutan pinus di kaki Gunung Lawu.

Tidak perlu khawatir akan kesulitan sinyal seluler untuk berkomunikasi di ketinggian tersebut. Sebab Hotel Pringgosari menyediakan WiFi. Pada hotel dengan luas bangunan 872 meter persegi itu juga dilengkapi dengan ruang pertemuan, dapur, ruang makan, ruang tamu, dan mushala yang terpisah dari bangunan utama hotel.

Hawa sejuk Tawangmangu dapat dinikmati di area taman bunga dan taman bermain. Area hotel ini cukup luas, mencapai 8.164 meter persegi. Jadi tak perlu khawatir soal tempat parkir, karena pengelola telah menyediakannya secara memadai.

Ada 14 kamar yang disewakan di hotel milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini. Empat Kamar tipe Anggrek, lima kamar tipe mawar dan lima kamar tipe melati. Keseluruhannya dilengkapi dengan fasilitas televisi dan kamar mandi dengan air panas.

Kamar yang pernah ditempati Soekarnopun disewakan. Di dalamnya terdapat lemari pakaian, cermin dengan bingkai kayu ukir, dua buah pajangan wayang kulit, dan kasur. Ruang kerja yang dahulu pernah dipakai Soekarno saat ini telah dijadikan gudang. Kamar tersebut lebih luas dari kamar-kamar lain. Kamar mandinyapun lebih luas dengan desain layaknya kamar mandi hotel berbintang.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, mengenai tarif sewa kamar hingga ketersediaannya, pengelola menyediakan nomor telefon 0271-697018 untuk dihubungi. (adv)

Ini Menarik!

Elpiji 3 Kg Harus Dijual Sesuai Ketentuan Pemerintah

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pertamina MOR IV Jawa Tengah dan DIY menegaskan elpiji …

Silakan Berkomentar