Home > JATENG RAYA > Tak Berizin, PJM di Jalan Kaligawe Dibongkar Satpol PP

Tak Berizin, PJM di Jalan Kaligawe Dibongkar Satpol PP

Pembongkaran PJM di Jalan Raya Kaligawe lantaran tak memiliki izin. (foto: metrosemarang.com/Mukhamad Masrukhin)

SEMARANG – Sebuah kegiatan Pembangunan Jalan Masuk (PJM) di Jalan Raya Kaligawe terpaksa dibongkar oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang, Selasa (21/11). PJM itu dinilai tidak berizin dan konstruksinya menyalahi aturan.

Dalam pembongkaran, Satpol PP didampingi oleh petugas dari Kepolisian dan TNI langsung membongkar sejumlah lempengan baja. Bahan untuk PJM tersebut sudah terpasang di atas ratusan tiang pancang dari bambu yang didirikan di atas badan Sungai Kali Tenggang. Oleh petugas bahan bangunan PJM tersebut dibawa ke Kantor Satpol PP untuk dijadikan barang bukti.

Kepala Satpol PP Kota Semarang Endro Pudyo Martanto menjelaskan, pembongkaran ini bagian dari penegakan peraturan daerah (perda). Karena PJM tesrebut menyalahi Perda Nomer 22 Tahun 2011 tentang Izin Penyelenggaraan Pembangunan Jalan Masuk.

‘’Selain liar atau tidak berizin secara konstruksi kegiatan PJM ini juga tidak sesuai dengan aturan,’’ katanya disela memimpin pembongkaran.

Pihaknya sudah memastikan ke Dinas Pekerjaan Umum pembangunan jembatan itu tidak memiliki izin. Dan pembangunannya secara konstruksi dinilai menyalahi aturan sehingga harus segera dibongkar. ‘’Kegiatan PJM ini diperkirakan sudah berlangsung sejak 2 minggu lalu, ujarnya.

Jika jembatan tidak dibongkar dikhawatirkan akan mengganggu arus sungai di Jalan Kaligawe dan mengakibatkan banjir di jalan nasional tersebut. Apalagi, saat ini sudah memasuki musim penghujan sehingga sungai harus lebih lancar agar jalan tidak lagi tergenang banjir.

‘’Kami juga mengimbau kepada masyarakat lainnya untuk tidak membuat PJM sembarangan seperti ini. Sebab harus ada izinnya, jika melanggar bisa dikenakan sanki berat berupa denda hingga Rp50 juta,’’ tegasnya. (duh)

Ini Menarik!

Elpiji 3 Kg Harus Dijual Sesuai Ketentuan Pemerintah

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pertamina MOR IV Jawa Tengah dan DIY menegaskan elpiji …

Silakan Berkomentar