14 Hari Operasi Zeba, Polres Kendal Keluarkan 3.160 Surat Tilang

Persiapan operasi zebra di Mapolres Kendal. (Foto: doc metrojateng.com)

 

KENDAL – Selama pelaksanaan Operasi Zebra 2017 sejak tanggal 1 November hingga 14 November, Satuan Lalu Lintas Polres Kendal mengeluarkan 3.160 lembar surat tilang. Berbagai pelanggaran menjadi penindakan polisi mulai, dari tidak mengenakan helm, tidak memiliki SIM ataupun melanggar rambu lalu lintas.

“Ada juga kendaraan yang tidak memperpanjang pajak kendaraannya. Dalam operasi zebra kita mengajak petugas samsat untuk melihat tunggakan pajak kendaraan dan memberikan surat teguran,” jelas Kasat Lantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno.

Angka tilang tersebut meningkat hampir dua kali lipat dibanding jumlah Operasi Zebra 2016. Pada operasi serupa tahun 2016 Polres Kendal mengeluarkan 1.727 lembar surat tilang.

Sementara, angka kecelakaan sepanjang periode operasi zebra tahun 2017 mencapai enam kejadian. Tidak ada korban meninggal dunia dan luka berat, namun tercatat delapan korban mengalami luka ringan. Kerugian materiil mencapai Rp 3,1 juta. Jumlah kecelakaan itu menurun dibanding tahun sebelumnya.

Pada periode operasi serupa tahun 2016, terjadi sembilan kejadian dengan 13 korban luka ringan dan satu korban luka berat. Tidak ada korban meninggal dunia pada kecelakaan sepanjang periode operasi. Kerugian materiil Rp 4,7 juta.

Menurut Edy, meningkatnya jumlah tilang karena kegiatan yang ditingkatkan agar target operasi Zebra tahun 2017 dalam menekan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas tercapai. “Kami bersyukur operasi Zebra tahun 2017 berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas,” ujarnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

74 − = 71

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.