Home > JATENG RAYA > 75 Desa di Kendal Bebas BAB Sembarangan

75 Desa di Kendal Bebas BAB Sembarangan

Ilustrasi

 

KENDAL – Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal mencatat 75 desa di Kabupaten Kendal yang sudah Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar (BAB) sembarangan. Puluhan desa tersebut tersebar di Kecamatan Ngampel dan Kecamatan Pageruyung.

Kepemilikan dan akses terhadap jamban sehat keluarga terus meningkat. Tahun 2018, Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal menargetkan kepemilikan jamban sehat mencapai 100 persen.

Agar target tersebut dapat terealisasi, Pemkab Kendal berupaya memaksimalkan pemberdayaan masyarakat. Didukung dengan penggunaan dana desa dan program corporate social responsiblity (CSR) beberapa perusahaan yang ada di Kendal.

“Target kami tahun 2018 nanti, Kabupaten Kendal seluruhnya sudah ODF ,” Kepala Dinas Kesehatan Kendal Sri Mulyani saat upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 yang berlangsung di Stadion Utama Kendal.

Namun ada kendala pendanaan untuk mencapai target tersebut. Karena itu pihak pemerintaj mengharap dukungan perusahaan yang ada di Kendal lewat program CSR.

Kepemilikan jamban sehat keluarga merupakan salah satu indikator keluarga sehat. Berdasar analisis hasil kunjungan rumah oleh Dinas Kesehatan dalam program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK), diperoleh status kesehatan warga Kendal.

Sebanyak 27,54% tergolong keluarga sehat, 66,74% keluarga pra-sehat dan hanya 5,72% yang termasuk keluarga tidak sehat. Kunjungan rumah itu baru mencakup 25% keluarga di Kabupaten Kendal. “Rencananya akan dilanjutkan pada 2018, secara total coverage,” jelas Sri Mulyani.

Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur berharap masyarakat semakin sadar dan memiliki rasa tanggung jawab bersama untuk segera membuat jamban, bagi yang belum memiliki. “Kebanyakan warga yang belum memiliki jamban merupakan golongan warga kurang mampu,” katanya.

Menurut Masrur, jika setiap warga telah memiliki kesadaran kepemilikan jamban, tentu akan meningkatkan taraf kesehatan di wilayahnya. (MJ-01)

 

Ini Menarik!

Elpiji 3 Kg Harus Dijual Sesuai Ketentuan Pemerintah

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pertamina MOR IV Jawa Tengah dan DIY menegaskan elpiji …

Silakan Berkomentar