Home > EDUKASI > Kehadiran Ayah Pengaruhi Capaian Cita-Cita Anak

Kehadiran Ayah Pengaruhi Capaian Cita-Cita Anak

BERINTERAKSI : Seorang ayah dan anak sedang berinteraksi dalam perayaan Hari Ayah yang diselenggarakan KB-TK Nasima Semarang, Sabtu (11/11). (foto: metrojateng.com/ Anggun Puspita)
SEMARANG – Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa ayah memiliki peran besar dalam kesuksesan anak. Peran ayah dapat mempengaruhi kehidupan sosial, prestasi di sekolah, dan pencapaian cita-cita anaknya.
Kehadiran seorang ayah bagi seorang anak akan menimbulkan kenyamanan emosional, kepercayaan diri, dan keinginan untuk mengekplorasi lingkungan sekitarnya. Balita dengan keterlibatan ayah memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dan IQ lebih baik pada usia ke-3.
Demikian dikatakan oleh Kepala KB-TK Nasima Elly Fajarwati saat membuka Peringatan Hari Ayah di Kampus TK Nasima Jl. Puspanjolo Tengah Raya 69 Semarang, Sabtu (11/11). Pada kegiatan yang bertema ”My Father is My Hero” ini diikuti oleh 116  anak-anak dan orang tua peserta didik KB-TK SD Nasima Semarang.
”Melalui acara ini kami berupaya untuk menguatkan peran ayah dalam proses  tumbuh kembang anak dan mempererat jalinan kasih sayang antara anak dan orang tua, terutama dengan ayah. Sebab, mendidik anak adalah tugas kolektif, baik sekolah maupun orang tua, keduanya harus   bersinergi” ungkapnya.
Menurut dia, biasanya yang sering terlibat dalam kegiatan di sekolah itu ibu-ibu, karena sebagai kepala keluarga ayah biasanya sibuk dengan tugas-tugasnya di luar rumah.  ”Nah, pada momen Hari Ayah ini kita mengundang ayah untuk datang ke sekolah. Alhamdulillah, respon orang tua sangat besar. Banyak sekali ayah yang hadir. Mungkin tak ingin mengecewakan buah hatinya,” kata Elly.
Salah seorang wali murid TK Nasima, Dipa Yustisia mengatakan, bahwa dirinya sangat apresiasiatif dengan kegiatan seperti ini. Dia merasa sangat senang dilibatkan dalam kegiatan di sekolah.
“Sesibuk apapun kerja seorang ayah, momen kebersamaan dengan anak harus diciptakan. Anak merupakan cerminan orang tua, ayah harus menjadi pahlawan bagi anak. Jangan sampai peran ayah tergantikan oleh yang lain. Uang bisa dicari, waktu takkan terganti. Acara seperti ini merupakan momen  penting , mengandung nilai edukatif ayah dan anak,” kata ayah dari Asha Madina kelas TK A.
Kegiatan yang berlangsung semarak tersebut  diisi dengan berbagai macam agenda kegiatan antara lain game edukasi, membatik bersama ayah, dan mendengarkan dongeng dari Kak Kempo. Anak-anak bersama ayahnya tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan peringatan Hari Ayah tersebut, termasuk Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi  yang menyempatkan hadir mendampingi putranya Hanif siswa TK B Nasima. (ang)

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar