Home > EDUKASI > Mengajar di Labschool Unnes, Hendi Sampaikan Semangat Kepahlawanan

Mengajar di Labschool Unnes, Hendi Sampaikan Semangat Kepahlawanan

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi di tengah murid-murid Labschool  Unnes Semarang. (foto: metrosemarang.com/Mukhamad Masrukhin)
SEMARANG – Semangat kepahlawanan dan cinta tanah air harus ditanamkan kepada anak-anak di sekolah sejak dini. Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, melakukan hal itu ketika mengunjungi TK-SD Lab School Unnes di Sampangan, Gajahmungkur, Selasa (7/11).
Kedatangan orang nomer satu di Ibu Kota Jateng ini disambut meriah anak-anak yang mengenakan pakaian adat dan keprofesian seperti perawat, dokter, Polisi, TNI, dan lainnya. Serta iringan suara gamelan Jawa yang dimainkan anak-anak TK-SD Lab School Unnes.
Hendi sapaan akrabnya, ingin memberikan motivasi dan spirit cinta tanah air serta mengajak meneladani para pahlawan bangsa kepada anak-anak. Dengan mengajak berdialog santai anak-anak, Hendi menekankan bahwa menjadi pahawan itu tidak sulit. ”Bisa dimulai dari lingkup di sekitar kita, misalnya menjaga lingkungan belajar atau sekolah kita, dengan giat belajar, dan berprestasi di sekolah,” ujarnya.
Sementara kepada wartawan usai memberikan motivasi, Hendi mengatakan bahwa di tengah gerusan perkembangan teknologi yang sangat modern, jiwa nasionalisme dan cinta tanah air harus sudah dimiliki anak-anak sebagai generasi penerus bangsa sejak dini. Lewat pembentukan karakter dengan kegiatan seperti ini, menurutnya anak-anak akan memahami bahwa yang dilakukan mereka harus benar. Kegiatan ini juga termasuk akan membentuk sifat kepahlawanan kepada anak-anak.
”Apalagi saat ini banyak ditemui anak-anak yang mementingkan kepentingannya sendiri atau cuek terhadap sekitarnya,” katanya. Oleh karena itu perlu ditanamkan sifat kepahlawanan, yang di antaranya seperti mau ikhlas berkorban demi kepentingan bangsa dan negara. Apalagi, tambahnya, saat ini bangsa Indonesia sedang berbenah menuju lebih baik.
Sementara itu, Wakil Rektor Unnes Bidang Akademik Rustono menyebutkan, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November nanti, pihkanya memang sengaja mendatangkan Walikota Semarang untuk memberikan motivasi dan berdialog dengan anak-anak Lab School Unnes UNNES.
”Kami ingin memberikan pesan kepada orang tua murid, agar mengontrol dan tau apa yang dikerjakan oleh anak-anaknya di luar lingkup sekolah. Apalagi saat  ini marak peredaran narkoba yang akan sangat besar pengaruhnya merusak generasi bangsa,” tandasnya. (duh)

Ini Menarik!

Borobudur Marathon, Sejumlah Jalan Disterilkan

Share this on WhatsAppMAGELANG – Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 yang digelar Minggu (19/11), …

Silakan Berkomentar