Home > JATENG RAYA > Sambut Sumpah Pemuda, Magelang Gelar Gala Desa

Sambut Sumpah Pemuda, Magelang Gelar Gala Desa

Kesenian tradisional  Soreng dari Bandungrejo Ngablak meramaikan pembukaan Gala Desa dan Kejurda dalam rangka Hari sumpah pemuda ke 89 di GOR Gemilang Kabupaten Magelang, Selasa (24/10).  (foto: metrojateng.com/ch kurniawati)

MAGELANG –  Dalam rangka memeriahkan hari Sumpah Pemuda ke-89,  Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga menggelar Gala Desa dan Kejurda Pelajar se-Kabupaten Magelang. Gala Desa dilaksanakan selama 10 hari dari 24 Oktober hingga 4 November mendatang. Diikuti ratusan pelajar dari tingkat SD/MI hingga SMA/SMK.

“Gala desa dan Kejurda pelajar untuk menggelorakan serta mengajak pola hidup sehat, menciptakan rasa persaudaraan dan sportifitas demi menggali potensi dan bakat pelajar serta pemuda desa,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Ruang Publik Olah raga Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI, Arif Nurbani Siswoyo, saat membuka Gala Desa di GOR Gemilang Kabupaten Magelang, Selasa (24/10).

Cabang olahraga yang dilombakan dalam Gala Desa antara lain, atletik, sepak takraw, tenis meja, bulu tangkis, bola voli, dan sepak bola. Sedangkan dalam Kejurda Pelajar terdapat 5 cabang olah raga yaitu bola basket, bulu tangkis, tenis meja, sepak takraw, dan atletik.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan,dan Olah raga Kabupaten Magelang Iwan Sutiyarso mengatakan, kegiatan tersebut berguna untuk peningkatan kesehatan dan kebugaran, peningkatan prestasi, dan manajemen keolahragaan. Dengan itu diharapkan mampu menghadapi tantangan serta tuntutan perubahan kehidupan nasional maupun global.

“Saya sangat mendukung dan menyambut dengan baik penyelenggaraan kejuaraan Gala Desa dan Kejuaraan Daerah Pelajar Tahun 2017 ini. Saya lihat kejuaraan ini sebagai sarana yang tepat untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga dalam bingkai Gerakan “Ayo Olah Raga”, serta dalam rangka meningkatkan prestasi dan menggali potensi yang ada,” paparnya.

Yang tidak kalah penting, kegiatan ini juga untuk  mendukung Revolusi Mental dan menyehatkan masyarakat sebagaimana telah diprogramkan oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia.

Ia menyambut baik adanya Sistem Keolahragaan Nasional sebagai sebuah regulasi yang sangat diperlukan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa melalui instrumen pembangunan nasional di bidang keolahragaan. Selain itu, regulasi ini juga menjadi salah satu jalan dan upaya pemerintah untuk melakukan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dapat menjamin pemerataan akses terhadap olahraga. (MJ-24)

 

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar