360 Calon Taruna Jalani Tes Masuk Akpol

SEMARANG – Sebanyak 360 calon taruna menjalani berbagai tes untuk bisa lolos seleksi masuk Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Dari ribuan peserta tersebut terselip nama Nora Septiana.

Ratusan orangtua menyaksikan perolehan nilai anaknya yang ikut tes masuk Akpol di Udinus. Foto: fariz fardianto

Perempuan asal Cepogo Boyolali ini mengikuti tes masuk Akpol melalui jalur prestasi olahraga. Nora, menurut sang ayah, Sutarto, merupakan seorang karateka yang telah malang melintang menjuarai ajang karate tingkat regional sampai antar pulau.

“Dia jadi kebanggaan keluarga karena sejak sekolah dasar sudah menjadi atler karate sampai akhirnya keturutan mendaftar taruna Akpol,” kata Sutarto, saat menemani anak bontotnya di Kampus Udinus, Jalan Nakula, Semarang, Minggu (22/7).

Menurutnya prestasi anaknya mampu mengharumkan nama keluarganya. Apalagi selama ini, Nora kerap menyabet  medali emas dalam berbagai ajang bergengsi.

“Paling sering dia menang Piala Mendagri. Sejak SD sampai sekarang juara terus,” cetusnya.

Sementara itu, tes masuk Akpol dipantau oleh Mabes Polri dan bekerjasama dengan kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

“Dari 360 orang yang ikut seleksi tahun ini, terdapat 322 peserta pria sedangkan sisanya merupakan peserta putri,” tutur Brigjen Pol Sudarsono, Karo Dalpres ESDM Mabes Polri saat meninjau Udinus.

Tes seleksi Akpol, ujar Sudarsono, menerapkan teknik CAT. Para peserta menjalani tes akademis, psikologi serta tes fisik dalam sesi yang berbeda.

“Dengan memakai CAT, tiap orangtua dapat memantau langsung apakah anaknya lolos tes atau tidak,” tegasnya.

Pengumuman tes masuk Akpol kali ini akan dilakukan 27 Juli nanti. Bobot nilai tes tersebut yakni 30 persen tes fisik dan psikologi dan 40 persen tes akademik.

“Ini sudah lima kali dilaksanakan di Udinus. Sebab tenaga komputernya sangat memadai. Alatnya juga mencukupi,” tuturnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

52 + = 55

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.