7 SD Ini Pelopor Pendidikan Karakter di Semarang

Ilustrasi
SEMARANG – Sebanyak tujuh Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kecamatan Pedurungan Kota Semarang menjadi pilot project (proyek percontohan) program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Diharapkan program yang berjalan ini didukung bersama semua pihak.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin mengatakan, 7 sekolah dasar tersebut akan menjalani program PPK selama dua minggu. Program ini termasuk akan menyertakan kegiatan co-kurikuler dan ekstra-kulikuler disamping materi akademik.
”Total ada 68 SD/MI yang akan menjadi sekolah unggulan PPK di tahun 2017, yakni 48 untuk SD dan 11 Madrasah Ibtidaiyah,” katanya di Balaikota Semarang, Selasa (24/10).
Salah satu wali murid SDN Pedurungan Tengah 2, salah satu sekolah yang jadi pilot project program PPK, Wulandari mengatakan, menyambut baik program yang diterapkan Kementerdian Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut.
Ada banyak nilai-nilai norma yang kembali digalakkan oleh sekolah. Salah satunya menghidupkan kembali budaya saling menghormati antar siswa.
”Saat ini menjadi dibiasakan kakak kelas menyambut adik kelasnya, untuk mendekatkan adik kelas dan kaka kelas. Ini saya rasa bagus termasuk mengembalikan norma sopan santun para murid kepada guru,” ujarnya.
Menurutnya anaknya juga setiap hari diwajibkan harus mengikuti apel pada pukul 06.30. Menyanyikan mars, salam, dan tepuk tangan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). “Setiap hari putriku mencoba menghapalkan lagu PPK,” imbuhnya.
Seperti diketahui, Pendidikan Karakter untuk anak-anak sekolah tertuang dalam UU dan dalam Nawacita Presiden RI Joko Widodo. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewujudkannya melalui program 18 Pendidikan Karakter yang harus dipenuhi disekolah. (duh)
dprd kota semarang
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

26 − 18 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.