Home > Uncategorized > KPU Dorong Warga Jateng Bentuk Tim Pemantau Pilkada

KPU Dorong Warga Jateng Bentuk Tim Pemantau Pilkada

Anggota KPU RI, Wahyu Setiawan. (foto: metrojateng/ Fariz Fardianto)

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mendorong masyarakat Jawa Tengah membentuk tim pemantau untuk bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 dan Pemilu 2019. Pembentukan tim pemantau itu, menurut Wahyu Setiawan, Anggota Divisi Partisiapsi Masyarakat dan SDM, KPU RI, demi meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilu yang berlangsung dua tahapan pada 2018 dan 2019 nanti.

“Untuk saat ini, kami sedang menyosialisasikan syarat-syarat pembentukan tim pemantau di tiap daerah, termasuk Semarang,” ungkap Wahyu, kepada wartawan saat berada di Kantor KPU Jateng, Jalan Veteran Semarang, Jumat (20/10).

Ia mengaku telah meminta seluruh elemen masyarakat untuk memperbanyak pembentukan tim pemantau Pemilu yang ada di Jawa Tengah.¬†Terlebih lagi, saat ini nyaris tidak ada lembaga pemantau di lokasi itu. “Peminatnya belum ada sama sekali,” imbuhnya.

Ada sejumlah syarat administratif yang harus dipenuhi bila masyarakat ingin membentuk tim pemantau. Menurutnya anggota tim pemantau harus indrpenden, sumber dananya serta identitas personelnya harus jelas. Yang terpenting lagi, setiap tim pemantau harus mendapat akreditasi dari KPU tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“Kita tidak memasang target berapa banyak jumlahnya. Tetapi kita mendorong warga agar menjadi lembaga pemantau. Kita sudah umumkan tapi peminatnya ternyata masih sedikit. Yang menyulitkan warga karena ada kewajiban melampirkan sumber dana yang mandiri,” kata Wahyu. (far

Ini Menarik!

PKL Resmi di Semarang Akan Diberikan Kartu Anggota

Share this on WhatsApp SEMARANG – DPRD Kota Semarang sedang berusaha membuat peraturan yang mengatur …

Silakan Berkomentar