Home > JATENG RAYA > Pemkot Menang Gugatan Soal Relokasi Pedagang Pasar Rejomulyo

Pemkot Menang Gugatan Soal Relokasi Pedagang Pasar Rejomulyo

Kabag Hukum Pemkot Semarang, Abdul Haris. (foto: metrosemarang.com/ Mukhamad Masrukhin)
SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang menang dalam sidang PTUN mengenai gugatan pedagang Pasar Rejomulyo atau Pasar Kobong. Dengan demikian pemkot dapat memerintahkan kepada seluruh pedagang untuk segera pindah ke Pasar Rejomulyo baru.
Namun pemkot memilih akan melakukan koordinasi internal dulu terkait tindaklanjut  keputusan pengadilan itu. Sebab satu dari 3 hakim yang memberi keputusan, menyarankan dalam melakukan relokasi pedagang pemkot menunggu putusan PTUN yang lebih tinggi.
”Sudah ada putusan dari PTUN terkait gugatan perdata pedagang yang meminta pembatalan perintah relokasi ke Pasar Rejomulyo baru oleh pemkot,” kata Kabag Hukum Setda Kota Semarang Abdul Haris, Jumat (13/10).
Abdul Haris menjelaskan, dua hakim menyatakan memenangkan pemkot dan menolak gugatan pedagang. Sedangkan satu hakim lagi menyarankan agar relokasi pedagang ke Pasar Rejomulyo baru menunggu putusan PTUN yang lebih tinggi yang hanya ada di Surabaya. Sebab, pedagang melakukan banding terhadap putusan tersebut.
”Karena itu kami akan segera berkoordinasi dan konsultasi dengan Walikota dan Wakil Walikota terkait upaya tindaklanjut yang akan dilakukan setelah keluarnya keputusan ini,” ujarnya.
Apalagi fisik surat putusan PTUN tersebut sampai sekarang juga belum diterima pemkot. Dia menambahkan, secara prinsip pemkot tidak akan menelantarkan pedagang. Karena itu sejak awal sebelum upaya relokasi, Dinas Perdagangan sudah lebih dulu membangun bangunan Pasar Rejomulyo baru.
Seperti diketahui, pedagang Pasar Rejomulyo atau Pasar Kobong melakukan gugatan ke PTUN karena menolak direlokasi pemkot ke Pasar Rejomulyo baru. Mereka menilai pemkot tidak berhak merelokasi karena berbagai alasan, di antaranya belum melengkapi fasilitas di pasar baru. (duh)

Ini Menarik!

Elpiji 3 Kg Harus Dijual Sesuai Ketentuan Pemerintah

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pertamina MOR IV Jawa Tengah dan DIY menegaskan elpiji …

Silakan Berkomentar