Home > JATENG RAYA > Gratis! Pajak PBB dengan NJOP di Bawah Rp130 Juta

Gratis! Pajak PBB dengan NJOP di Bawah Rp130 Juta

ilustrasi 

 

SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang membuat kebijakan akan menggratiskan kewajiban membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) mulai tahun 2018. Namun khusus untuk wajib pajak yang Nilai Jual Objek Pajaknya (NJOP) sebesar Rp130 juta ke bawah.
Walikota Semarang Hendrar Prihadi menjelaskan, pertimbangan digratiskan tersebut karena orang yang NJOPnya kecil hampir dipastikan merupakan warga yang tidak mampu. Ukuran rumahnya kecil atau lumayan besar tetapi berada di daerah pinggiran yang tidak strategis.
”Pertimbangannya kalau orang NJOP nya kecil pasti rumahnya kecil atau rumahnya lumayan tapi ada di pinggir, di daerah yang tidak strategis. Rumah-rumah seperti itu umumnya dimiliki oleh keluarga yang belum begitu bagus kondisi keuangannya,” jelasnya, Jumat (6/10).
Kebijakan ini diharapkan bisa membuat pembangunan bisa dirasakan manfaatnya oleh semua warga masyarakat. Orang yang kaya semakin kaya dan yang miskin juga semakin meningkat kesejahteraan hidupnya.
Walikota yang akrab disapa Hendi mengatakan, kebijakan ini sudah dipertimbangkan dan melalui perhitungan yang matang. Banyak warga Semarang yang NJOPnya di bawah Rp130 juta. Namun disisi lain banyak pula bangunan di daerah-daerah strategis NJOPnya masih di bawah harga pasaran.
Karena itu, kebijakan menggratiskan PBB untuk warga yang NJOPnya dibawah Rp130 juta ini akan dilakukan dengan subsidi silang. Yakni wajib pajak yang memiliki objek pajak di daerah-daerah strategis seperti di jalan-jalan protokol akan dinaikan sekitar 50% dari harga pasaran.
”Ya subsidi silang, karena NJOP di Kota Semarang rata-rata masih berbanding jauh sekali dengan harga pasaran. Contoh rumah saya di Lempongsari, harga pasarannya Rp1,5 juta sampai Rp 2 juta, tapi NJOPnya baru srkeitar Rp 800 ribu-900 ribu, kalau bisa dinaikkan 50%  dari harga pasaran maka akan banyak sekali PBB yang masuk ke kasda. Dan sebagai imbal baliknya yang kecil-kecil digratiskan,” ungkapnya.
Kebijakan gratis membayar PBB bagi wjaib pajak yang NJOPnya dibawah Rp130 juta ini diharapkan bisa diketahui secara luas oleh masyarakat. (duh)

Ini Menarik!

Tingkatkan Produksi Pangan, Butuh Dukungan Sarpras

Share this on WhatsAppKENDAL – Ketersediaan beras di Kendal mengalami fluktuasi. Tahun 2013 sebesar 133.770 …

Silakan Berkomentar