Home > JATENG RAYA > Membelah Keindahan Alam Jawa Tengah di BTN Tour de Borobudur 2017

Membelah Keindahan Alam Jawa Tengah di BTN Tour de Borobudur 2017

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berpose bersama tim BTN Tour Borobudur saat sesi jumpa pers di Kota Lama Semarang. (foto: metrosemarang.com/Fariz Fardianto)

 

 

SEMARANG – Klub Semarang Bicycle Association (SAMBA) bersama Bank Tabungan Negara (BTN) kembali menggelar even touring  BTN-Tour De Borobudur (BTN-TDB) XVII Tahun 2017  yang ditujukan kepada para pecinta sepeda atau gowes mania.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, even yang akan digelar pada 11 – 12 November 2017 ini akan mengambil tema “Membelah Keindahan Alam Jawa Tengah” dimana para peserta akan disuguhkan dengan rute-rute yang penuh dengan panorama keindahan alam berikut melihat flora dan fauna pada rute tersebut.

Beberapa diantaranya adalah Waduk Jatibarang dekat Goa Kreo yang masih banyak dihuni oleh kera-kera yang pernah berjasa dengan Sunan Kalijaga dan daerah Limbangan Kendal yang masih banyak ditemui sejumlah burung Elang Jawa.

BTN-TDB XII ini terbagi dalam tiga kategori yakni kategori 200 KM, 100 KM serta VVIP. Khusus untuk kategori 200 KM, kali ini dijamin penuh dengan “Pesta Tanjakan Pesta Turunan”.

Ketua Panitia BTN-TDB XVII, Santo menyatakan bila even tahunan Tour De Borobudur selalu berbeda dari tahun ke tahun, khususnya jalur dan rute yang dilalui. Namun khusus untuk tahun ini, BTN-TDB XVII benar-benar akan mengeksplorasi potensi  keindahan alam Jawa Tengah melalui olahraga sepeda.

“Kami jamin Tour De Borobudur akan selalu berbeda dari tahun ke tahun, khususnya soal jalur dan rute. Untuk tahun ini, tema kami adalah eksplorasi keindahan alam Jawa Tengah yang jarang kita temui. Peserta boleh membuktikannya”, terang Santo.

Dijelaskan Santo, untuk kategori 200 KM para peserta akan start dari Kantor Gubernuran Jalan Pahlawan Semarang melewati jalur tengah yakni melewati Jalur Gunungpati Semarang- Limbangan Kendal – Sumowono, Kabupaten Semarang, Temanggung hingga Magelang.

Sementara untuk kategori 100 Km para peserta akan mengambil start dari Mako Brimob Banyumanik melewati jalur Semarang- Lingkar Ambarawa –  Banyubiru hingga ke Kabupaten Magelang.

Hingga saat ini, tercatat untuk kategori 200 KM sudah sebanyak 150 peserta yang mendaftar, dimana 20 peserta diantaranya berasal dari luar negeri seperti Jepang, Singapura, Australian bahkan Jerman. Sedangkan untuk kategori 100 KM sudah terdaftar 1030 peserta.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar P​ranowo menyatakan diri ikut serta dalam BTN-TDB XVII dengan mengambil kategori 200 KM. Di tahun sebelumnya, Ganjar ikut menggowes sejauh 275 kilometer selama dua hari penuh.

“Ini (BTN Tour de Borobudur) merupakan salah satu ajang bersepeda yang memiliki banyak manfaat. Diantaranya tentu mengenalkan alam Jawa Tengah. Apalagi nanti juga akan ada peserta dari luar, ” kata Ganjar. Senada dengan Ganjar, Direktur Utama  Bank BTN, Maryono mengaku sangat antusias mendukung ajang  sepeda BTN Tour de Borobudur 2017.

Ia berharap dengan even TDB ini, lebih mengenalkan BTN kepada masyarakat luas khususnya yang berada di pelosok pedesaan. BTN kini mengembangkan era digitalisasi perbankan dimana masyarakat di pelosok desa tidak perlu harus datang ke bank atau mencari ATM untuk melakukan transaksi keuangan.

“Lewat even sepeda ini, kami berharap masyarakat di pelosok tahu keberadaan BTN yang selama ini fokus dalam perkreditan rakyat seperti kredit rumah maupun usaha. BTN kini menggunakan teknologi digitalisasi dimana masyarakat pelosok tidak harus datang ke Bank atau mencari ATM untuk melakukan transaksi keuangan. Semua bisa melalui HP”, kata Maryono.

Dalam BTN-TDB XVII ini, Panitia menyedikan hadiah Grandprize satu unit rumah dengan keseluruhan hadiah total senilai 200 juta rupiah. Untuk pendaftaran sendiri, panitia masih membuka pendaftaran hingga pertengahan Oktober untuk dua kategori. Kontak pendaftaran, Bu Eny 08883916990 atau 024-8457170. (far)

Ini Menarik!

Gerindra Bakal Umumkan Cagub Jateng Pekan Depan

Share this on WhatsApp SEMARANG – Nama calon gubernur (cagub) yang akan diusung Partai Gerakan …

Silakan Berkomentar