Home > JATENG RAYA > Sakit Gigi Bisa Berdampak Fatal, Jangan Disepelekan

Sakit Gigi Bisa Berdampak Fatal, Jangan Disepelekan

Wakil Ketua PB PDGI, drg. Ugan Gandar. (foto: metrosemarang.com/ade lukmono)
SEMARANG – Sakit gigi tidak boleh dianggap sepele. Mulut merupakan pintu gerbang masuknya penyakit dan gigi yang tidak sehat bisa memperparah keadaan dengan menyalurkan bakteri ke dalam pembuluh darah melalui lubang atau luka di dalam gigi.
Hal itu dipaparkan oleh Wakil Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), drg. Ugan Gandar dalam Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2017. Dia meminta masyarakat agar sejak dini menjaga kesehatan gigi dengan cara sikat gigi yang benar dan rutin memeriksakan diri ke dokter gigi enam bulan sekali.
“Bakteri dalam mulut bisa masuk ke pembuluh darah. Setelah itu diedarkan ke seluruh tubuh, bisa sampai liver, jantung bahkan tulang. Akibatnya bisa sangat fatal,” katanya, Rabu (13/9).
Dia menambahkan, masyarakat diminta memperhatikan kesehatan gigi mengingat saat ini, sebanyak 75 persen penduduk pernah bermasalah dengan kesehatan gigi dan mulut. Jaminan Kesehatan Nasional pun dikatakannya kewalahan dalam me-cover biaya pengobatan masalah gigi lantaran.
Sementara itu, Head of Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk, Mirza Roesli mengatakan, dalam rangkaian kegiatan BKGN 2017 masyarakat dapat memanfaatkan perawatan gigi gratis seperti pencabutan dan penambalan gigi yang tidak melibatkan perawatan syaraf gigi, pembersihan karang gigi, dan fissure sealant. (ade)

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar